Pengalaman Upgrade Kartu Lama Menjadi Kartu 4G di Gerai Indosat

Beberapa hari yang lalu tepatnya Kamis, 26 Januari 2017 saya kedatangan seorang teman. Dia minta bantuan saya untuk melakukan upgrade 4G kartu IM3 lamanya di mini market. Padahal untuk upgrade kartu Indosat lama menjadi 4G di mini market sudah tidak bisa lagi. Info ini saya dapat dari komentar teman-teman di artikel sebelumnya tentang Cara Upgrade Kartu SIM 3G ke USIM 4G Indosat Tanpa Pergi ke Gerai Indosat.

Memang upgrade 4G Indosat di Alfamart atau Indomaret untuk saat ini sudah tidak bisa. Melihat dari info teman-teman di komentar, kemudian saya mencari tahu kebenarannya. Ternyata memang benar informasi tersebut. Sudah beberapa orang menelepon customer service Indosat dan jawabannya sama, sudah tidak bisa karena masa promonya sudah berakhir. Ditambah lagi saya cek halaman web di situs resmi Indosat yang menjelaskan cara-cara upgrade 4G di mini market sudah tidak ada.

Kemudian saya sarankan kalau memang masih mau upgrade 4G sebaiknya lakukan di Gerai Indosat. Dia menyanggupi, mungkin karena sudah saking butuhnya kartu 4G namun tidak mau kehilangan nomor yang sudah lama dimiliki. Saya diminta untuk menemaninya.

Berangkatlah kami ke Gerai Indosat. Kebetulan saya berada di Bekasi, jadi kami mendatangi Gerai Indosat yang ada di Mall Metropolitan.

Sekedar informasi tambahan buat yang mau kesana, letak Gerai Indosat bukan di dalam mall metropolitan. Gerai Indosat mall metropolitan Bekasi terletak di luar mall, tepatnya di sebelah utara pintu utama. Persisnya terletak di pojok timur utara mall metropolitan, dekat dengan pos pengambilan tiket parkir masuk.

Upgrade 4G Indosat wajib membawa kartu identitas (KTP)

Sesampai di gerai Indosat, ada seorang security yang menanyakan keperluan kami. Saya katakan ingin upgrade kartu lama menjadi 4G. Sambil menunjuk sebuah counter, security tersebut mengatakan tidak perlu ambil nomor antrian, langsung saja kesana dan menyerahkan KTP asli ke counter pelayanan.

KTP diserahkan ke petugas counter. Kami disuruh duduk menunggu panggilan. Tak lama kemudian nama teman saya dipanggil. Dengan ramah petugas counter di gerai Indosat menanyakan nomor yang akan di-upgrade untuk dicek data kepemilikan terlebih dahulu.

Baca juga: Memilih Kartu yang Cocok untuk Internet di HP Android

Kartu lama harus sudah teregistrasi

Setelah dicek, ternyata nomor IM3 yang akan di-upgrade merupakan nomor lama (aktif sejak sebelum ada pendaftaran ke 4444) dan belum registrasi sampai saat ini. Jadi tidak bisa langsung dilakukan proses upgrade. Teman saya disuruh untuk melakukan registrasi dulu di counter pelayanan sebelahnya. Tapi untuk mengantri ke counter sebelahnya harus dengan nomor antrian yang bisa diambil di bapak security tadi.

nomor antrian upgrade kartu lama IM3 menjadi 4G di gerai indosat
Nomor antrian di gerai Indosat

Beberapa waktu menunggu, tiba saatnya nomor antrian teman saya dipanggil. Menuju counter, nomor hp disebutkan, KTP diserahkan. Tak lama proses registrasi kartu selesai dan proses upgrade kartu IM3 menjadi 4G sudah dilakukan. Kartu baru diserahkan ke tangan teman saya. Kemudian kartu lama diminta oleh petugas counter tersebut.

Kartu lama hilang masih bisa upgrade tapi dikenakan biaya

Menurut informasi, untuk upgrade kartu lama menjadi 4G di gerai Indosat tidak dikenakan biaya alias gratis. Syaratnya harus menyerahkan kartu lama yang akan di-upgrade. Kalau tidak menyerahkan kartu lama karena hilang atau alasan lain, kita akan dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah untuk penggantian kartu.

Proses upgrade 4G Indosat maksimal 24 jam

Setelah mendapat kartu baru yang sudah support jaringan 4G sebagai pengganti kartu lama, kita belum bisa langsung menggunakan kartu tersebut untuk keperluan telepon dan lainnya. Kita harus menunggu proses upgrade 4G berhasil maksimal 24 jam sejak permohonan upgrade dilakukan.

Tapi menurut pengalaman kami kemarin, proses upgrade berhasil sangat cepat. Begitu keluar dari gerai Indosat, kartu baru langsung dipasang ke hp. Kemudian jalan sebentar menuju parkiran. Sesampai di parkiran saya coba menghubungi nomor yang baru saja di-upgrade. Ternyata panggilan sudah nyambung ke kartu baru tersebut. Jadi kesimpulannya proses upgrade 4G berhasil hanya dalam waktu kurang dari 15 menit saja.

Baca juga: Pengguna XL Bisa Upgrade 3G ke 4G dengan Kartu Perdana Biasa

Ternyata melakukan upgrade kartu lama menjadi kartu 4G di gerai Indosat tidak serumit dan seribet yang saya bayangkan selama ini. Prosesnya mudah dan cepat. Total waktu sejak masuk hingga keluar gerai Indosat hanya kurang dari 1 jam saja. Makanya buat yang mau melakukan upgrade di gerai Indosat jangan ragu, segerakan saja. Tapi semua yang saya tulis di atas hanya sebagai gambaran saja ya atas apa yang pernah saya alami. Selebihnya bisa saja beda tempat beda rasa 😀

8 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*