Cara Sembunyikan Foto dan Video Cuma Pakai File Manager


Biasanya, salah satu kekurangan menyembunyikan foto dan video menggunakan aplikasi khusus adalah kita akan kehilangan foto dan video tersebut ketika aplikasi dihapus. Meski aplikasi diinstal lagi, belum tentu foto dan video yang sudah hilang tersebut bisa kembali. Ada yang pernah mengalami?

Menurut saya jauh lebih aman kalau kita menyembunyikannya melalui file manager. Foto dan video akan tetap ada dan bisa dikembalikan lagi meski menggunakan aplikasi file manager yang berbeda. Yang penting selalu ingat di folder mana foto dan video itu tersimpan.

Bisa dibilang ini merupakan cara menyembunyikan foto dan video tanpa aplikasi tambahan karena di setiap android sudah ada file manager bawaan. Buat kamu yang ingin mencoba, ikuti langkah-langkah berikut ini (dipraktekkan di Samsung M12).

Cara menyembunyikan foto dan video

Pertama, buka file manager, lalu cari foto/video yang ingin disembunyikan.

Kedua, ubah nama dan tambahkan tanda titik di depan nama file tersebut.

Dengan 2 cara tersebut foto/video sudah berhasil disembunyikan. Agar lebih jelas simak video di bawah ini.

@kasicara

Tanpa aplikasi khusus, kamu bisa menyembunyikan foto & video bahkan file-file berformat lain hanya dengan file manager/file explorer.#tutorial #android #fyp

♬ Always Loving You (Breakbeat) – DJ Lunox

Cara melihat foto dan video yang disembunyikan

Pertama, buka file manager.

Selanjutnya, masuk ke Pengaturan.

Terakhir, aktifkan Tampilkan file sistem tersembunyi.

Foto/video sudah bisa kamu lihat namun masih tersembunyi. Jika ingin menampilkannya lagi cukup ubah nama dan hilangkan tanda titik di depan nama file tersebut.

Agar lebih jelas simak video TikTok di bawah ini. Jangan lupa follow ya!

@kasicara

Balas @zaromeparfum.id gini loh cara melihat foto & video yang sudah kita sembunyikan dengan file manager #tutorial #android #fyp #belajarbareng

♬ Di Kasih Info Mas E – Hairis

Selain untuk foto/video, cara di atas juga bisa digunakan untuk menyembunyikan file berformat lain dan juga folder. Caranya sama saja, hanya dengan menambah tanda titik di depan nama file/folder.

Bagi yang aplikasi file managernya tidak ada pilihan Tampilkan file sistem tersembunyi, kamu bisa menggunakan Cx File Explorer yang bisa diunduh di Google Play Store. Di situ akan ada pilihan Tampilkan file tersembunyi.

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *