Cara Pasang STB untuk Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa


Migrasi siaran TV Analog menjadi siaran TV digital tak mengharuskan kita mengganti semua perangkat yang sudah ada. Kita masih bisa mendapatkan siaran TV digital dengan menggunakan TV lama dan antena biasa. Siarannya pun tetap bisa ditonton secara gratis.

Hanya saja, untuk menangkap sinyal TV digital diperlukan tambahan sebuah perangkat yang disebut Set Top Box (STB). Pastikan STB yang kamu beli mendukung Digital Video Broadcasting – Second Generation Terrestrial (DVB-T2) karena TV digital di Indonesia saat ini menggunakan standar transmisi siaran terbaru ini.

Cara mengetahuinya sangat mudah, saat membeli kamu cukup melihat pada kemasan. Jika ada tulisan DVB-T2 itu artinya Set Top Box tersebut memang diperuntukkan untuk menerima siaran TV digital dengan antena biasa. Kamu bisa membelinya.

STB DVB-T2 bisa didapatkan di toko elektronik terdekat atau membelinya secara online. Bagi yang masih bingung ingin mencari STB merk apa, siahkan baca dulu artikel saya sebelumnya Rekomendasi Set Top Box yang Sudah Lolos Sertifikasi Kominfo. Di situ sudah saya sertakan link pembelian jika kamu ingin membelinya secara online.

Cara memasang Set Top Box pada TV lama

Seperti yang sudah saya katakan di awal, TV lama tetap bisa digunakan untuk menonton siaran TV digital. Baik TV LED, TV LCD maupun TV tabung. Berikut ini langkah-langkah pemasangannya, di sini saya asumsikan bahwa antena lama masih terpasang pada tiang/tempatnya.

Pertama, pasang jack antena ke lubang ANT IN pada STB.

Kedua, pasang kabel RCA (kabel berwarna merah, kuning, putih) ke lubang RCA pada STB sesuai warna.

Ketiga, pasang kabel RCA ke lubang AV IN sesuai warna (Video, Audio L-R).

AV IN pada TV

Keempat, hubungkan kabel adaptor STB dan TV ke sumber arus listrik.

Terakhir, nyalakan STB dan TV. Ubah TV menjadi mode AV (sama seperti saat menyalakan DVD).

Baca juga: Cara Menonton Youtube di Set Top Box Evinix H-1 Tanpa Dongle Wifi

Saat pertama kali STB dihubungkan, maka STB akan mencari program secara otomatis. Tunggu saja prosesnya sampai selesai dan siaran TV digital dengan gambar yang bersih dan suaranya yang jernih langsung bisa dinikmati.

Bagi yang menggunakan kabel HDMI tak perlu memasang kabel RCA. Pasang saja ujung kabel tersebut ke lubang HDMI pada STB dan ujung satunya ke lubang HDMI pada TV. Selanjutnya sesuaikan mode input yang ada pada TV agar menampilkan gambar dari STB.

Demikian cara memasang Set Top Box untuk mendapatkan siaran TV digital pada TV lama dengan antena biasa. Jika masih ada yang kurang jelas silahkan tulis pertanyaanmu pada kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini.

Bagikan ini:

4 tanggapan untuk “Cara Pasang STB untuk Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Biasa”

  1. Avatar Sri lestari
    Sri lestari

    Q sudah beli stb dan antena sudah di pasang sudah betul
    Tp pas di cari otomatis ,sinyalnya blas nggak ada.

    1. Avatar Marjono

      Coba tanpa booster dan usahakan antenanya tinggi.

  2. Avatar Imam subekti
    Imam subekti

    Untuk wilayah purworjo kira2 untuk sctv atau rcti
    Di dv t2 nya nomer berapa

    1. Avatar Marjono

      Di lokasi saya saat pemrograman STB yang pertama muncul MNC Grup (termasuk RCTI) dapat nomor 1-4, berikutnya TVRI 5-8, baru di nomor berikutnya EMTEK Grup (termasuk SCTV). Kalau njenengan Purworejonya masih dekat sama Prembun dan antena mengarah ke Purwokerto kemungkinan masih sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *