Cara Memotong, Mempercepat dan Memperlambat Video dengan Kinemaster

Dewasa ini, mengedit video di hp Android sudah lazim dilakukan oleh kebanyakan orang. Hasilnya? Tentu tak kalah bagus dengan video yang diedit dengan laptop/PC. Semua tergantung kemampuan si editor dalam memainkan kreativitasnya.

Banyak aplikasi edit video Android yang tersedia di Play Store. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Salah satunya adalah Kinemaster. Aplikasi Kinemaster bisa diinstal dan digunakan secara gratis dengan segudang fitur lengkapnya. Namun ada biaya berlangganan bagi pengguna yang ingin menghilangkan iklan dan watermark.

Memang ada cara gratis untuk menghilangkan iklan dan watermark di Kinemaster, tapi saya tak akan membahasnya di sini. Alih-alih menggunakan cara tersebut, saya memilih tetap memakai Kinemaster versi gratis yang masih ada iklan dan watermark-nya 😀

Mulai dari artikel ini, naikatas.com akan menyajikan tutorial-tutorial edit video dengan Kinemaster. Bukan tutorial edit video jedag jedug sih, cuma tutorial dasar yang cocok dicoba oleh kamu yang baru (ingin) belajar menggunakan Kinemaster. Bagi yang sudah jago boleh di-skip atau boleh juga memberi saran/masukan tulisan ini melalui kolom komentar.

Oke! Untuk tutorial yang pertama kita akan belajar memotong, mempercepat dan memperlambat video. Sebelum kita mulai, pastikan aplikasi Kinemaster sudah terinstal di hp Android kesayanganmu. Jika sudah, langsung saja buat proyek baru dan masukkan satu video sebagai bahan percobaan, lalu ikuti tutorial di bawah ini.

Cara memotong video di Kinemaster

Geser bagian video yang akan dipotong ke garis waktu (vertikal) berwarna merah. Tekan video hingga muncul garis tepi berwarna kuning, lalu tekan ikon gunting.

Muncul 4 tindakan yang bisa dipilih yaitu Pangkas ke kiri playhead untuk membuang bagian depan video, Pangkas ke kanan playhead untuk membuang bagian belakang video, Bagi di playhead untuk memotong video menjadi 2 bagian dan Bagi dan Sisipkan Bingkai Beku untuk memotong video menjadi 2 bagian sekaligus menyisipi sebuah gambar yang diambil secaara otomatis dari video yang posisinya tepat di garis merah tadi.

Misal kita ingin membuang bagian depan dan bagian belakang video, maka setelah memilih Pangkas ke kiri playhead, kita geser kembali bagian video yang akan dibuang bagian belakangnya ke garis waktu, kemudian pilih Pangkas ke kanan playhead. Jadi prosesnya harus bergantian, tidak bisa sekaligus.

Cara mempercepat dan memperlambat video di Kinemaster

Tekan video yang akan dipercepat/diperlambat hingga muncul garis tepi berwarna kuning. Pilih Kecepatan. Kemudian pilih kecepatan yang diinginkan. Semakin besar angka yang dipilih maka video akan semakin cepat. Begitu pula sebaliknya, semakin kecil angka yang dipilih maka video akan semakin lambat.

Saat video dipercepat/diperlambat, audionya pun ikut menjadi cepat/lambat. Kadang kita tak lagi membutuhkan audio tersebut dan ingin membuangnya. Bisa saja, cukup aktifkan toggle audio dibisukan dan suara akan hilang.

Untuk lebih jelasnya, simak video tutorial berikut ini.

Demikian tutorial cara memotong, mempercepat dan memperlambat video dengan Kinemaster. Semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar jika ada yang kurang jelas. Selamat mencoba 😀

Jika kamu suka artikel ini, jangan ragu untuk mentraktir saya kopi.

Traktir Kopi

Terima kasih dukungannya!
Tentang Marjono 68 Articles
Hai kamu! Terima kasih telah berkunjung ke blog yang sederhana ini. Jangan lupa follow juga akun media sosial saya di bawah ini:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*