Pengguna XL Bisa Upgrade 3G ke 4G dengan Kartu Perdana Biasa

Cara upgrade sendiri kartu lama XL yang masih 3G menjadi USIM 4G nampaknya lebih mudah jika dibandingkan dengan operator pesaingnya. Kalau Telkomsel mengharuskan dengan kartu perdana upgrade 4G LTE dan Indosat dengan kartu replace 4G, tidak dengan kartu XL. Untuk upgrade 4G XL hanya cukup dengan kartu perdana 4G biasa.

Cara upgrade kartu lama xl 3G menjadi 4G LTE terbaru
Logo XL Axiata

Saya sering ditanya dimana tempat membeli kartu perdana upgrade 4G Telkomsel. Saya juga sering ditanya kenapa di Alfamart dan Indomaret area tertentu tidak ada kartu replace 4G Indosat. Tentu yang bertanya adalah mereka pengguna kartu dari kedua operator tersebut. Memang agak susah mencarinya karena kartu perdana upgrade 4G Telkomsel dan kartu replace 4G Indosat tidak dijual bebas di konter-konter pulsa biasa.

Berbeda dengan kedua operator di atas, XL Axiata mempermudah pelanggan setianya yang masih menggunakan kartu lama 3G untuk melakukan upgrade ke 4G secara mandiri. Tidak ada ketentuan menggunakan kartu khusus upgrade, pelanggan hanya cukup membeli kartu perdana XL biasa yang sudah 4G di konter terdekat di sekitar tempat tinggalnya.

Bagaimana cara upgrade sendiri kartu lama XL 3G menjadi 4G? Di bawah ini akan saya tuliskan caranya, yang jelas persiapkan dulu kartu lama yang akan di-upgrade dan perdana XL 4G yang akan digunakan untuk upgrade. Jangan lupa registrasikan kartu perdana tersebut ke 4444. Kalau kartu perdana XL 4G sudah berhasil di-registrasi, ikuti langkah-langkah upgrade 4G XL di bawah ini.

Cara upgrade kartu XL 3G menjadi USIM 4G secara mandiri

Ada 2 langkah singkat yang harus dilakukan untuk upgrade 3G ke 4G kartu XL. Perhatikan dan ikuti dengan kedua langkah berikut ini:

Pertama, dari SIM card lama ketik *123*46# kemudian panggil. Muncul pesan Selamat datang di menu penukaran SIM card 4G. Saat proses pemindahan, paket dan pulsa akan otomatis pindah ke SIM card yang baru. Pilih 1. Lanjutkan untuk konfirmasi upgrade 4G. Setelah itu matikan hp dan cabut kartu 3G Anda. Abaikan SMS, tidak perlu menunggu apapun karena proses ini tidak memerlukan token/PIN.

Kedua, masukkan kartu perdana XL 4G yang akan digunakan untuk upgrade, lalu nyalakan hp. Tekan *123*46# kemudian panggil. Akan muncul pesan yang sama dengan langkah pertama, masukkan 1 untuk melanjutkan. Jika sudah, segera restart hp Anda. Tunggu hingga ada SMS berisi notifikasi upgrade 4G berhasil. Setelah itu…. Selamat 4G LTE Anda telah aktif.

Dari yang pernah saya alami, setelah restart hp kartu baru sudah berganti menjadi nomor lama. Jadi walaupun belum ada SMS pemberitahuan upgrade sukses, sebenarnya upgrade sudah berhasil. Untuk memastikannya silahkan dicoba menelepon dari kartu baru, kalau munculnya nomor lama berarti perpindahan nomor sudah berhasil dilakukan.

Yang perlu diketahui tentang upgrade 3G menjadi 4G kartu XL adalah setelah upgrade berhasil maka nomor lama akan berpindah ke kartu baru. Pulsa, masa aktif, paket data, paket dasar dan lain-lain yang ada pada nomor lama akan ikut berpindah ke kartu baru. Hanya kontak yang tersimpan dalam kartu lama yang tidak akan berpindah.

Nomor pada kartu perdana yang digunakan untuk upgrade akan hangus dan pulsa bawaan perdana sebesar 3000 rupiah akan berpindah ke nomor lama. Begitu juga dengan kartu lama sudah tidak bisa digunakan lagi karena nomor sudah berpindah ke kartu baru.

Saat upgrade, gunakan hp dan slot SIM yang sama. Upgrade sendiri kartu lama XL yang masih 3G menjadi 4G dengan cara ini hanya bisa dilakukan jika kartu masih aktif. Kalau kartu sudah melebihi masa tenggang atau ada kesulitan lain, sebaiknya lakukan upgrade di XL Center terdekat di kota Anda.

9 Comments

  1. Saya pakai dua kartu sim xl dua-duanya
    Yg satu blm 4g dan yg satu sudah 4G
    Dan yg sudah 4G sudah terpakai tiga bulan
    Apa bisa di upgrade

  2. Kartu saya xl 3g dan sudah saya upgrad menjd 4g tp kok bonus quotanya gak dapat ya apa ada yg salah dr cara upgrednya????

    • Gak ada yang salah. Mungkin masa promonya sudah berakhir. Coba tanyakan langsung ke customer service xl via twitter atau live chat di xl.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*