Office Lens: Scan Dokumen dengan HP Android Tanpa Mesin Scanner

Microsoft nampaknya tidak mau menutup diri. Meskipun memiliki sistem operasi sendiri yaitu windows untuk PC dan windows mobile, namun tetap mau menyajikan berbagai aplikasi bagi pengguna android yang bisa diinstal langsung melalui google play store.

Sampai artikel ini ditulis, setidaknya sudah ada 70 aplikasi android buatan Microsoft Corporation yang nangkring di dalam toko aplikasi android milik google. Aplikasi yang biasa terinstal di windows PC kini bisa kita gunakan dengan mudah hanya menggunakan smartphone android. Tentunya aplikasi-aplikasi ini sangat membantu Anda untuk mengolah data secara mobile.

Sebut saja microsoft excel, microsoft word, microsoft powerpoint, microsoft outlook, microsoft onedrive, onenote, office lens dan masih banyak lagi. Sebagian besar aplikasi android dari developer Microsoft Corporation bisa kita gunakan secara gratis di perangkat android. Jika ingin menikmati fitur secara lengkap kita dapat berlangganan sesuai ketentuan dari microsoft.

Oke, pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas tentang salah satu aplikasi android dari microsoft. Aplikasi yang akan saya ulas bisa menggantikan fungsi dari mesin scanner yang harganya lumayan mahal. Yups, aplikasi itu bernama Office Lens.

Dengan aplikasi office lens kita bisa melakukan scan dokumen seperti ijazah, SKHUN, SKCK, KTP, dan lain-lain hanya menggunakan hp android. Aplikasi ini memanfaatkan kamera belakang hp android untuk melakukan scan dokumen. Layaknya memfoto suatu obyek, dengan mudah kita akan mendapatkan hasil scan dokumen tanpa mesin scanner.

Ada 4 mode cara pengambilan scan dokumen menggunakan office lens di android. Kita bisa memilih mode dokumen, papan tulis, foto atau kartu nama. Untuk kemudahan dalam pen-scan-an saya terbiasa menggunakan mode dokumen karena meski posisi pengambilan miring nanti hasilnya akan tetap kotak/persegi panjang sesuai ukuran dengan panjang kedua sisi yang sama. Tulisannya pun akan terbaca dengan jelas.

Cara scan dokumen dengan hp android tanpa mesin scanner
4 mode scan office lens

Untuk mode papan tulis, office lens akan mendeteksi panjang dan lebar papan tulis secara otomatis dengan tulisan yang jelas pada scan yang dihasilkan. Sedangkan pada mode foto, office lens hanya mengambil foto seperti biasa tanpa pemotongan ke ukuran dokumen yang di-scan.

Selain mengambil foto langsung dengan ke empat mode di atas, kita juga bisa mengimpor foto dokumen yang sudah ada di hp untuk kemudian dipotong secara otomatis oleh office lens sesuai ukuran dokumen.

Demi mendapat kualitas scan yang tak kalah dengan mesin scanner sungguhan, Microsoft Corporation memberikan fitur ubah resolusi pada office lens. Tentu saja dengan resolusi maksimal sesuai dengan resolusi kamera hp android Anda masing-masing. Misalnya saja pada Zenfone 5 ada pilihan resolusi 2,1 M, 2,4 M, 3,1 M, 3,8 M, 5,0 M, 6,0 M dan yang tertinggi dengan resolusi 8,0 M.

Untuk mendapat hasil yang lumayan jelas dengan ukuran kecil/tidak terlalu besar saya biasa menggunakan resolusi 2,4 M dan 3,1 M kemudian mengepaskan ukuran kamera di layar dengan ukuran dokumen yang di-scan. Dengan begitu hasil scan akan berukuran kecil namun tetap jelas terbaca.

Jangan lupa ketika men-scan dokumen dengan android kita juga harus memperhatikan pencahayaan. Agar mendapat hasil scan dengan kualitas baik kita harus memberi pencahayaan yang pas. Hindari sinar matahari, sinar lampu atau flash kamera yang berlebih. Cari posisi yang pas, jika hasil scan masih jelek terus ulangi sampai mendapat hasil yang bagus.

Hasil scan dengan office lens di android bisa kita simpan dalam bentuk foto berformat jpg atau berbentuk dokumen berformat pdf. Kita bisa menyimpannya di memori hp langsung dengan mencentang Galeri atau PDF di pilihan penyimpanan. Namun jika ingin menyimpan hasil scan di penyimpanan awan OneDrive kita bisa memilih OneNote, OneDrive, Word atau PowerPoint syaratnya kita harus sudah memiliki akun di microsoft, gratis.

Dengan office lens dari Microsoft Corporation yang dihadirkan untuk pengguna android, kita tidak memerlukan mesin scanner lagi untuk sekedar membuat dokumen digital. Tentu ini sangat membantu dalam kemudahan pekerjaan dan penghematan anggaran. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi office lens ini?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*