Nekat Upgrade ke MIUI 8.1.3.0 Global Stabil, Jaringan 4G Pasti Hilang

Sistem operasi smartphone android Xiaomi yang biasa kita kenal dengan sebutan MIUI selalu di-update dari waktu ke waktu. Baru-baru ini Xiaomi telah merilis upgrade rom terbaru versi global yaitu MIUI Global 8.1 Stabil 8.1.3.0. Upgrade ini bisa dilakukan secara OTA (Over the Air) setelah kita mendapat pemberitahuan di hp Xiaomi melalui menu pembaruan.

MIUI 8.1.3.0 Global Stabil Jaringan 4G Hilang

Apakah Anda sudah cek di menu pembaruan? Apakah Anda mendapati pembaruan sistem ke MIUI 8.1.3.0? Jika jawabannya “ya”, selamat hp kesayangan Anda kebagian firmware versi terbaru. Tapi jangan senang dulu. Ada baiknya Anda membaca artikel yang saya tuliskan ini sampai habis, baru nanti Anda putuskan apakah mau di-upgrade atau tidak.

Saya mau memberi sedikit cerita di sini. Tadi malam saat menunggu makanan yang saya pesan dibuat, saya iseng membuka facebook. Ternyata di grup facebook Redmi 3 Indonesia sedang ramai soal update terbaru MIUI 8.1.3.0. Saya iseng cek di pembaruan Redmi 3 Pro yang saya genggam. Yes! Ternyata saya kebagian update tersebut.

Tapi saya masih bingung mau upgrade atau tetap bertahan di MIUI Global 8 Stabil 8.0.2.0. Yang saya takutkan hanya 1 yaitu mengenai 4G, setelah upgrade ke MIUI 8.1.3.0 jaringan 4G akan tetap aman atau hilang. Upgrade tidak saya lakukan malam itu karena masih ragu dan menimbang resikonya.

Tadi pagi dengan nekatnya saya melakukan upgrade firmware Xiaomi Redmi 3 Pro saya dari MIUI 8.0.2.0 ke MIUI 8.1.3.0. Padahal sudah banyak yang mengeluh di grup facebook soal jaringan 4G yang hilang setelah upgrade. Sekitar 20 menit upgrade berjalan lancar dan berhasil.

Saya cek di pengaturan jaringan. Ternyata benar tipe jaringan prioritas masih sama seperti di MIUI 8.0.2.0, hanya ada Prioritas 3G dan 2G saja. Saya coba buka 4G dengan kode *#*#4636#*#* sesuai langkah yang pernah saya tulis sebelumnya di HP Xiaomi Redmi 3 Pro Tidak Ada Pengaturan Jaringan 4G LTE? juga tidak berhasil. Cari solusi lain untuk membuka jaringan 4G tanpa laptop/komputer sampai saat ini belum ketemu juga. Akhirnya untuk sementara nyerah dulu.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin kehilangan jaringan 4G sebaiknya jangan dulu melakukan upgrade ke MIUI 8.1.3.0. Stay di versi yang saat ini digunakan merupakan pilihan terbaik. Tapi kalau Anda memang suka ngoprek hp Xiaomi-nya dengan laptop/komputer silahkan di-upgrade. Sudah banyak dituliskan di internet dalam blog-blog para master cara terbaru membuka jaringan 4G di MIUI 8.1.3.0 dengan fix 4G/LTE, pindah ke rom China Stabil/Developer ataupun root kemudian edit build.prop.

Apa yang beda di MIUI 8.1.3.0?

Selain kita kehilangan jaringan 4G, tidak ada perubahan besar yang terjadi di MIUI 8.1.3.0 LAIMIDI. Hanya perbaikan-perbaikan bug kecil saja yang sebenarnya tidak begitu terasa saat kita menggunakan MIUI 8.0.2.0 di Redmi 3 Pro. Perbaikan-perbaikan tersebut diantaranya:

  • Perbaikan tema yang kembali ke tema standar secara otomatis.
  • Perbaikan info cuaca yang tidak tampil secara penuh.
  • Perbaikan mode landscape di Ruang kedua.
  • Perbaikan pada nada dering khusus.

Dari beberapa perbaikan di atas, yang pernah saya alami secara sadar hanya tampilan tema yang secara tiba-tiba kembali ke default theme. Jadi saat saya sudah mengganti tema, dalam beberapa waktu kemudian tema akan kembali ke tema standarnya lagi. Saya kira memang sengaja dibuat seperti itu, tidak tahunya bug. Tapi herannya kok update perbaikan yang dilakukan tidak sesegera mungkin, sudah lebih dari 3 bulan baru diperbaiki sekarang.

Semalam juga ada yang mengatakan setelah upgrade ke MIUI 8.1.3.0 lampu notifikasi tidak menyala. Jadi katanya lampu tetap mati saat ada pesan masuk BBM atau pemberitahuan lainnya. Sebenarnya itu bukan bug karena lampu bisa disetting melalui Setelan. Sudah saya buktikan dan work, untuk tutorialnya mungkin akan saya tuliskan di lain waktu.

Baca juga: MIUI 8.1.3.0 Tidak Ada 4G? Bisa kok Downgrade Redmi 3 Pro Tanpa PC

Sekali lagi saya ingatkan kepada Anda yang tidak ingin kehilangan 4G dan tidak mau oprek hp, sebaiknya pertahankan hp Xiaomi Anda di firmware yang dipakai saat ini. Bersabarlah untuk update-update berikutnya, siapa tahu jaringan 4G tidak dikunci lagi. Bukankah menurut info yang beredar di tahun 2017 ini Xiaomi sudah akan memenuhi aturan permerintah mengenai TKDN dalam penyelenggaraan 4G? Itu artinya hp Xiaomi yang sudah berspesifikasi 4G akan bisa digunakan untuk ber 4G ria tanpa oprek. Semoga saja, karena ini juga pengharapan saya 😀

34 Comments

  1. sama aku juga update ke miui 8.1.3.0 langsung hilang 4g nya. Pakai patch fix lte miui 8 pun nga berhasil malahan bikin bootloop. (di miui 8 sebelumnya bisa) Akhirnya harus flash ulang miui 8.0.0.2

  2. kalo bug yg ane nemu malah gini gan:
    -read mode gamau berubah jd kuning layarnya
    -gabisa masuk one handed mode
    -app lock gabisa unlock pake fingerprint, cm pake pattern
    apa ada cara fixnya gan?

    • kalau saya read mode normal, one hand mode gak bisa, applock bisa unlock dengan fingerprint. Coba biasakan setelah upgrade di factory reset mas.

  3. Gan untuk pengguna xiaomi redmi 3 pro.. bagi yg khilangan sinyal 4g.. pindah kan jaringan k wcdma only.. kekuatan sinyal h+ sama layak nya kaya sinyal 4g.. beda nya maximum speed download doang.. super stabil gan.. ane coba2 pake m3.. maen game durango.. perbedaannya terasa sangat jauh.. super lancar kaga nglag2..

    • iya di forum-forum memang sudah mulai bermunculan fix 4G dll untuk MIUI 8.1.3.0. Tapi untuk cara munculkan 4G tanpa PC belum ada.

  4. Kalo saya pakai miui8 versi 8.1.3.0 ada koo LTE nya malah mantab stabil jaringannya di 4G cuma bugnya ada di hotspot ga bisa sinkron buat berbagi

  5. hahahaha. ternyata semuanya kena toh. saya 2x upgrade, trus juga sempet dapet file 8.1.3.0 tnyata bootloop, kaga compatible keknya itu file. krg ajar. akhirnya yaudalah ke 8.0.2.0 lagi

  6. Saya jg mengalami hal yg sama, semua cara yang ada di web sdh saya coba: ganti lokasi, dial *#*#4636#*#*, downgrade ke miui7 (gagal krn sistem tdk mau eksekusi file tsb) sampai reset factory (sistem tdk mau kembali ke miui7, tetep terinstal miui8).
    Adakah yg punya solusi beneran? Bukan sekedar copas & share?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*