Merekam Layar Android Tanpa Root dengan One Shot Screen Recorder

Bagi yang suka membuat video tutorial dengan android tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi screen recorder. Banyak sekali aplikasi perekam layar android yang tersedia di playstore baik yang gratis maupun berbayar. Tentunya dengan penyematan fitur dan kualitas yang berbeda pula.

Beberapa aplikasi perekam layar android menjadi video ada yang membutuhkan akses root dan beberapa lagi tidak memerlukan akses root. Jika masih dalam masa garansi sangat disayangkan jika ponsel harus di root hanya untuk bisa merekam aktivitas di ponsel android kita. Tapi tenang saja, aplikasi yang akan saya sampaikan berikut ini adalah aplikasi perekam layar (screen recorder) android tanpa root kok.

Namanya One Shot screen recorder. Aplikasi screen recorder buatan developer MakeEZ ini bekerja apik pada ponsel Asus ZenFone 5 saya. Kebetulan kemarin saya sempat meng-upgrade firmware ponsel kesayangan saya itu menjadi android Lollipop 5.0 official meskipun masih secara manual. Dan saya tidak menyesal karena tampilannya lebih smooth, penambahan fitur baru dan yang saya suka adalah pada android lollipop merekam layar android tidak perlu akses root seperti pada android kitkat dan versi sebelumnya.

Kembali ke One Shot screen recorder, aplikasi ini mampu merekam layar android dengan stabil, menghasilkan video kualitas HD disertai dengan suara. Penggunaan aplikasi ini pun terbilang simpel, seperti pada saat selesai merekam kita tidak perlu mencari dan menekan icon stop, kita cukup dengan mematikan layar ponsel maka otomatis proses perekaman video akan berhenti.

Berikut ini langkah-langkah merekam layar android tanpa root dengan One Shot screen recorder

Buka aplikasi One Shot screen recorder. Tekan pada icon layar yang berada di pojok kanan atas. Pada pop-up yang muncul tekan Mulai sekarang. Akan muncul tombol merah mengambang pada layar yang berfungsi untuk memulai proses perekaman layar.

Merekam Layar Android Tanpa Root dengan One Shot Screen Recorder

Menuju layar yang akan kita gunakan untuk awal perekaman layar, kemudian tekan tombol merah yang muncul tadi. Proses perekaman layar berjalan dan tombol merah akan hilang selama perekaman.

Merekam Layar Android Tanpa Root dengan One Shot Screen Recorder

Setelah perekaman layar selesai, tekan tombol power untuk mematikan layar. Ketika layar android mati proses perekaman layar akan berhenti dan video telah jadi. Ini bisa dilakukan jika pada pengaturan aplikasi Stop mode pada On screen off.

Jika ingin melakukan perekaman layar lagi, kita cukup menuju layar awal dari mana video akan dibuat kemudian menekan tombol berwarna merah lagi. Jika tidak ingin merekam lagi, kita disable aplikasi dengan cara tekan tahan tombol berwarna merah itu hingga muncul tanda silang, lalu seret ke tanda silang tersebut.

Baca juga: Lollipop Screen Recorder Aplikasi Gratis dengan Fitur Premium

Perbedaan Versi Gratis dan Berbayar

Di play store, One Shot screen recorder terdapat 2 versi yaitu versi gratis dan versi premium/berbayar. Untuk yang premium dijual seharga 12.000 rupiah saja. Adapun perbedaan antara versi gratis dan premium adalah pada versi premium:

  • Tidak ada watermark seperti pada versi gratis
  • Bisa menyematkan logo buatan kita sendiri, sehingga bagi Anda yang suka membuat tutorial dan ingin menguploadnya ke youtube video tersebut memiliki ciri bahwa itu adalah video asli buatan Anda
  • Ikon notifikasi bisa disembunyikan
  • Tidak ada iklan/promosi pada aplikasi seperti pada One Shot versi gratis

Demikian ulasan saya tentang merekam layar android tanpa root dengan One Shot screen recorder. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi…..

6 Comments

    • Tergantung versi androidnya mas. Kalau masih android kitkat (versi 4.4) dan versi sebelumnya memang harus root. Tapi kalau kita pakai android lollipop (versi 5.0) tidak perlu root.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*