Mengubah Jaringan Android Dari E ke H Atau H+

Mengubah Jaringan Android Dari E ke H Atau H+ – Kemarin siang, saat saya sedang sholat duhur di musholah tempat kerja tiba-tiba ada seorang teman yang memanggil. Tanpa buang waktu dia langsung menanyakan kenapa Asus ZenFone 4S-nya hanya mendapat jaringan/sinyal E terus, padahal menurut spesifikasi yang ada ponsel Android buatan perusahaan yang berbasis di Taiwan itu mendukung jaringan/sinyal H bahkan H+. Untuk jaringan kartu SIMnya sendiri kalau di tempat kerja saya sebenarnya bisa mendapat sinyal H+.

Jaringan h+

Setelah mendengar masalah yang dialami pada ponsel Asus ZenFone 4S teman saya itu, saya meminta izin untuk mengutak-atik ponsel itu. Barangkali ada yang salah dengan settingannya. Alhamdulillah tak perlu waktu lama setelah saya mengecek pengaturan jaringan dan mengubah sedikit, akhirnya ponsel itu bisa menangkap sinyal H+.

Dari kasus yang terjadi pada ponsel teman saya itu, saya terpikir untuk menuliskannya di blog ini. Mungkin saja ada pembaca blog sederhana ini yang mengalami kasus yang sama dan sedang mencari solusinya, cara ini bisa dicoba.

Seperti yang kita ketahui bahwa Asus ZenFone 4S memiliki fitur dual SIM, yang mana untuk pengaturan jaringan/sinyal salah satu SIM hanya bisa mendapat sinyal E dan SIM satunya lagi bisa mendapat sinyal E, H bahkan H+. Pada kasus teman saya kemarin, kartu SIM yang digunakan untuk mengakses internet (jaringan layanan data) adalah SIM 2. Ternyata pengaturan jaringan yang bisa menangkap jaringan H berada pada SIM 1. Otomatis kartu SIM 2 hanya bisa mendapat jaringan/sinyal E. Lalu saya ubah pengaturan jaringan yang bisa menangkap jaringan H ke SIM 2.

Bagaimana cara mengubahnya? Mudah saja, berikut ini cara mengubah jaringan Android dari E ke H atau H+

  • Masuk ke Menu
  • Pilih Pengaturan
  • Pilih Selengkapnya…
  • Pilih Jaringan seluler
  • Pilih Jenis jaringan yang dipilih
  • Pilih Tab SIM yang digunakan untuk mengakses internet, lalu hilangkan centang/ceklist pada Jaringan 2G saja

Selain pada Asus ZenFone 4S cara ini juga bisa dilakukan pada Asus ZenFone seri lain dan juga FonePad. Untuk Android dari merek lain juga bisa dicoba karena secara teori semua pengaturan Android itu sama, atau bisa dengan mengakses kode rahasia *#*#4636#*#*. Lalu pada Informasi Telepon ubah jaringan ke WCDMA only.

Demikian cara mengubah jaringan Android dari E ke H atau H+. semoga bermanfaat…..

Baca juga: Memilih Kartu yang Cocok untuk Internet di HP Android

Update:
Setelah melakukan upgrade ke firmware yang terbaru, cara pengaturan sinyal 3G, H, H+ pada ZenFone lebih mudah. Caranya sama seperti cara di atas dan pada Jenis jaringan yang dipilih akan ada 3 pilihan jaringan yaitu 2G/3G, 3G atau 2G. Pilih yang 3G dan jaringan akan terkunci pada H atau H+.

Update 18/06/2015
Bagi yang sudah melakukan semua cara di atas tapi pindah lagi ke 2G (belum bisa mengunci jaringan 3G), lakukan cara berikut:

  • Matikan data
  • Ubah jaringan layanan data ke SIM yang tidak digunakan untuk internetan
  • Ubah jenis jaringan ke 3G atau WCDMA only
  • Ubah kembali jaringan layanan data ke SIM yang digunakan untuk internetan
  • Nyalakan data, 3G, H atau H+ akan terkunci sesuai lokasi Anda

3 Comments

  1. Makasih gan..info nya sangat membantu..udah pusing sinyal nya E terus..setelah di coba resep agan..sinyal nya kembali cuuuussss.mksh sukses slu gan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*