Lollipop Screen Recorder Aplikasi Gratis dengan Fitur Premium

Satu lagi aplikasi perekam aktivitas layar pada layar android tanpa root yang saya rekomendasikan. Namanya Lollipop Screen Recorder. Kita bisa mendapatkannya secara gratis di google play. Namun jangan salah, meskipun gratis aplikasi perekam layar android ini dilengkapi dengan fitur premium yang tak kalah bagus jika dibandingkan dengan screen recorder berbayar.

Lollipop Screen Recorder perekam android gratis tanpa root
Lollipop Screen Recorder

Lollipop Screen Recorder dibuat oleh Rivulus Studios. Hingga artikel ini saya tulis, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 500.000 kali dan tentunya akan semakin bertambah. Bagi Anda pemain youtube yang ingin membuat video tutorial tentang android, aplikasi ini sangat cocok digunakan.

Untuk penggunaan pertama kali setelah penginstalan, kita baru bisa melakukan setting pada resolusi video, orientasi video, bitrate video dan perekaman audio mikrofon. Pengaturan lainnya belum bisa digunakan karena merupakan fitur premium dari aplikasi Lollipop Screen Recorder.

Agar kita bisa menggunakan fitur premium tersebut, kita harus melakukan unlock terlebih dahulu. Tenang saja, unlock fitur premium tersebut gratis kok. Kita hanya disuruh melihat 1 buah iklan dari aplikasi tersebut dan fitur premium Lollipop Screen Recorder akan terbuka selama 1 minggu. Setelah 1 minggu fitur premium akan terkunci lagi, lakukan unlock lagi agar tetap bisa menggunakan fitur premium tersebut.

Cara unlock fitur premium Lollipop Screen Recorder sangatlah mudah. Pada saat internet data ON buka aplikasi, tekan tab Recording Settings, tekan Unlock Premium Functionality, kemudian tekan Watch Ad. Dengan cara ini fitur premium Lollipop Screeen Recorder berhasil terbuka, ditandai dengan hilangnya tulisan Unlock Premium Functionality. Sekarang kita sudah bisa menggunakan semua pengaturan yang ada.

Pengaturan apa saja yang ada setelah fitur premium Lollipop Screen Recorder terbuka? Berikut pembahasannya.

Control Settings

Contro setting lollipop screen recorder perekam layar android gratis tanpa root

Recording Start Delay untuk mengatur waktu tunda perekaman layar sejak kita menekan tombol Start Recording. Waktu yang disediakan dalam hitungan detik. Ada 6 pilihan, pertama tanpa waktu tunda (None) dan pilihan selanjutnya adalah kelipatan 5 detik dengan waktu tunda terlama adalah 60 detik.

Show Recording Notification jika kita centang maka akan muncul icon kecil di notification bar sebagai tanda perekaman layar android sedang berlangsung. Fitur ini sangat membantu kita dalam mengetahui apakah proses perekaman sudah dimulai, sedang berlangsung atau sudah berakhir.

Stop recording on screen off adalah fitur Lollipop Screen Recorder yang membantu kita untuk menghentikan proses perekaman hanya dengan mematikan layar hp (memencet tombol power). Sehingga tidak akan ada proses pilih-pilih tombol stop yang terekam di akhir video.

Video Settings

video setting lollipop screen recorder layar android gratis tanpa root

Storage Location adalah pilihan dimana kita ingin menyimpan video hasil tekaman. Apakah di Internal Storage atau SD Card. Jika kita memilih internal storage video akan tersimpan pada memori internal di dalam folder /ScreenRecordings. Sedangkan jika memilih SD Card video akan tersimpan pada memori eksternal dalam folder /Android/data/com.rivulus.screenrecording/files/Movies/ScreenRecordings.

Resolution merupakan pilihan untuk memilih berapa resolusi video yang ingin dihasilkan. Pada Zenfone saya terdapat 3 pilihan yaitu 640×360, 720×480 dan 1280×720. Untuk pilihan tertinggi tidak semua 1280×720 karena menyesuaikan resolusi layar hp android Anda masing-masing.

Orientation untuk memilih hasil video kita apakah akan dalam bentang portrait atau ladscape. Setelah saya coba, untuk hasil landscape gambar akan tetap portrait, hanya di kedua sisi ditambahi background hitam sehingga menjadi landscape. Kalau sasaran penonton video Anda adalah pengguna smartphone saya sarankan untuk memilih portrait saja.

Bitrate berpengaruh pada kualitas video yang kita hasilkan. Agar video bagus sebaiknya pilih bitrate yang paling tinggi. Tidak seperti aplikasi One Shoot Screen Recorder yang memiliki pilihan bitrate hingga 50 Mbps, Lollipop Screen Recorder hanya mampu merekam video layar android maksimal 10 Mbps.

Record Microphone Audio memungkinkan kita merekam layar android menjadi video yang disertai dengan suara. Baik suara kita maupun suara yang berasal dari android itu sendiri. Agar suara bisa terekam kita harus memberi centang pada pada Record Microphone Audio.

Camera Settings

camera settings lollipop screen recorder perekam layar android gratis tanpa root

Set PIP opacity berfungsi untuk mengatur transparansi tangkapan kamera depan android kita saat melakukan perekaman layar. Ada pilihan dari 75% hingga 100%. jika kita pilih 75% maka gambar kamera akan terlihat transparan dan jika 100% gambar kita akan terlihat nyata.

Adjust camera while recording jika dicentang maka akan memungkinkan kita untuk memindah, mengubah ukuran gambar kamera dan mengubah kamera depan atau belakang pada saat proses perekaman layar android berlangsung.

Camera settings for PIP berfungsi untuk menentukan kamera depan atau belakang, letak gambar kamera dan ukuran gambar kamera sebelum proses perekaman dimulai.

Show settings for PIP akan menampilkan gambar kamera di layar yang sedang direkam. Tapi jika tidak ingin menampilkan gambar kamera di rekaman layar, kita harus menghilangkan tanda centang pada Show settings for PIP.

Demikian sedikit ulasan saya tentang Lollipop Screen Recorder serta pengaturannya. Jika ada hal yang kurang jelas dalam penyampaian saya bisa Anda tuliskan di kolom komentar untuk kita diskusikan bersama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*