Kartu Perdana Telkomsel untuk Upgrade 3G ke 4G Tanpa Harus ke GraPARI

Kartu upgrade 4G Telkomsel – Bagi pemilik smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G dan berada di area jangkauan 4G tentu ingin segera menikmati cepatnya akses internet melalui jaringan 4G. Untuk bisa menikmatinya kita juga harus menggunakan kartu seluler yang sudah mendukung jaringan 4G.

Saat ini kartu seluler 4G atau yang dikenal dengan sebutan USIM Card sangat mudah diperoleh melalui konter-konter pulsa di sekitar tempat tinggal kita. Setelah USIM Card perdana (dengan nomor baru tentunya) diaktivasi dan diisi paket data kita sudah bisa langsung menikmati internet 4G yang kecepatannya berkali lipat jika dibandingkan dengan internet 2G dan 3G.

Lain cerita jika kita ingin berinternet 4G dengan nomor lama yang hanya mendukung jaringan 3G. Mungkin karena saking sayangnya dengan nomor lama, nomor lama sudah tersebar ke para kerabat dan relasi atau nomor sudah terhubung dengan akun-akun penting membuat kita enggan berganti nomor hanya demi jaringan 4G.

Jika sudah begitu, jalan satu-satunya adalah dengan upgrade SIM Card 3G menjadi USIM Card 4G. Ini artinya kartu lama kita yang hanya bisa menerima jaringan 3G akan diganti dengan kartu yang bisa menangkap jaringan 4G. Tapi tidak usah khawatir, upgrade SIM Card 3G menjadi USIM Card 4G tidak akan mengubah nomor alias kita ganti kartu dengan nomor yang sama.

Telkomsel sebagai operator seluler dengan pelanggan terbanyak di Indonesia turut memberikan solusi. Bagi pelanggan lama Telkomsel yang ingin meng-upgrade SIM Cardnya bisa datang langsung ke GraPARI yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Upgrade SIM Card 3G menjadi USIM Card 4G yang dilakukan di GraPARI Telkomsel tidak dikenakan biaya sama sekali (gratis).

Bagi pelanggan Telkomsel yang tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke GraPARI bisa meng-upgrade kartu Simpati, kartu AS atau kartu Loop lamanya secara online.

Telkomsel juga memberikan solusi lain bagi Anda seorang yang super sibuk, tidak memiliki waktu untuk pergi ke GraPARI dan tidak mau ribet mengisi data diri secara online untuk upgrade kartu. Solusi yang sangat mudah dan murah menurut saya. Cukup dengan membeli perdana kartu upgrade 4G Telkomsel yang dijual secara terbatas, maka kartu lama Anda akan berubah menjadi USIM Card 4G. Ciri-cirinya pada bungkus perdana tersebut tertulis “Kartu Upgrade 4G Telkomsel.”

kartu upgrade 4G telkomsel untuk simpati, as, loop1

Harga resmi perdana kartu upgrade 4G Telkomsel adalah 3.000 rupiah. Tetapi pada kenyataannya kartu tersebut dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal. Saya mendapat kartu upgrade 4G Telkomsel itu seharga 20.000 rupiah. Harga masing-masing daerah dan konter berbeda, jadi jangan dibuat patokan ya.

Cara upgrade kartu 3G menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel

Bagi Anda pemilik kartu Simpati, kartu AS dan kartu Loop lama yang masih 3G, jangan takut untuk meng-upgrade sendiri dengan menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel. Syarat upgrade dengan cara ini hanya ada 2 yaitu kartu lama yang akan di-upgrade dan perdana kartu upgrade 4G Telkomsel yang sudah di-registrasi ke 4444. Jika sudah ada kedua kartu yang saya sebutkan, silahkan ikuti langkah-langkah yang saya berikan.

Pertama: mengambil token atau PIN dari kartu lama

Menggunakan kartu lama hubungi *888*46#. Pada pilihan yang muncul pilih 1. Dapatkan Token/PIN. Masukkan nomor kartu upgrade 4G Telkomsel yang akan digunakan untuk upgrade. Kemudian pilih 1. Ya untuk mengonfirmasi nomor upgrade 4G Telkomsel yang telah dimasukkan jika sudah benar. Tunggu sesaat, kode token/PIN akan dikirim melalui SMS ke nomor lama Anda. Simpan token/PIN tersebut.

Kedua: Menukar (memindah) nomor lama ke SIM Card baru

Menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel hubungi *888*46#. Pilih 2. Upgrade ke Kartu 4G. Konfirmasi bahwa Anda bersedia kehilangan nomor baru tersebut beserta pulsa, kuota dan datanya setelah digunakan untuk upgrade 4G dengan memilih 1. Ya. Masukkan nomor lama Anda, kemudian masukkan token/PIN dengan memperhatikan besar kecilnya huruf. Pilih 1. Ya untuk mengonfirmasi token/PIN dan nomor lama yang Anda masukkan sudah benar. Permintaan upgrade 4G selesai.

Baca juga: Solusi Nomor Kontak Teman Sering Hilang di Android

Setelah permintaan upgrade 4G selesai, kita harus menunggu maksimal 15 menit untuk mendapat SMS notifikasi proses migrasi nomor telah berhasil dilakukan. Jika sampai lebih dari 15 menit belum mendapat SMS sebaiknya matikan dulu kartu upgrade 4G Telkomsel, kemudian aktifkan kembali. Jika sudah mendapat SMS cobalah menelepon dengan kartu upgrade 4G Telkomsel apakah nomor sudah berpindah atau belum? Seharusnya nomor lama sudah berpindah ke kartu yang baru.

Untuk melakukan cara di atas kita tidak harus menggunakan 1 hp karena bisa dilakukan dengan 2 hp yang berbeda. Jika ada, agar proses permintaan upgrade 4G lebih cepat sebaiknya menggunakan 2 hp.

Sebelum melakukan upgrade 4G, sebaiknya tidak usah mengisi pulsa ke kartu upgrade 4G Telkomsel yang akan digunakan. Sebab nomor baru akan mati (dinonaktifkan) dan pulsa yang kita isi akan hangus. Hanya pulsa senilai 3.000 rupiah bawaan kartu perdana yang akan ditransfer ke nomor lama kita berupa pulsa Telkomsel yang bisa digunakan selama 7 hari pada pukul 00.00-12.00.

Baca juga: Memilih Kartu yang Cocok untuk Internet di HP Android

Sebelum 30 hari sejak diaktifkan, kartu upgrade 4G Telkomsel bisa digunakan untuk upgrade nomor lama (Simpati, Kartu AS, Loop) yang masih 3G menjadi 4G. Jika sudah melewati 30 hari kartu belum digunakan untuk upgrade 4G maka kita tidak bisa melakukan upgrade 4G dengan kartu tersebut dan harus menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel yang baru.

Demikian cara upgrade kartu 3G menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel tanpa harus pergi ke GraPARI. Jika ada pertanyaan tentang artikel ini silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Bagi Anda yang ingin mendapat info melalui media sosial tentang blog ini silahkan sukai Facebook dan ikuti Twitter kami.

123 Comments

  1. Bang Junot ..
    Seumpamanya kita sudah terlanjur beli kartu dan jaringannya masih 3G ,apakah bisa langsung di upgrade menjadi 4G ???

  2. Mas, kuota 4g saya masih byk pd saat penggunaan kartu 3g,nah apakah pada saat upgrade kartu 4g kuota yg saya miliki dari kartu lama akan hilang ?

  3. Saya mau nanya gan,saya beli handpone ketika itu saya dapat kartu perdana uprege 4g,saya berfikir tidak ada gunanya kata saya trus saya simpan,ketika saya sudah tau apa fungsinya setelah saya cek kartu uprege 4g nya udah kadaluarsa ,saya pengen uprege 4g tapi saya takut ketika saya uprege nanti malah terjadi yang tidak diinginkan .apakah kartu uprege 4g tersebut masih bisa di gunakan atau tidak?

  4. bang masih kurang paham…
    Saya kan biasa pake Paket yang 20000 2 GB + 5 GB yang cuma ada di Kartu terpilih aja…
    apakh setelah upgrade ke 4G paket itu masih tetap ada atau hilang..??
    kan lumayan paket murah :’v

  5. gan, mau numpang tanya tadi aku habis upgrade ke 4g itu lupa tny dpt brp gb, cek dpt brp gb nya drmn ya apa dapat 10 gb?
    makasih

  6. Bang, sy kmrin hbs ugrade ke 4g, kira2 paketan internet bulanan sy yg biasanya 50rb/8gb ilang gg ya… Sdh tanya2 ktnya gg ilang, tp baca review ko ada yg gg di perpanjang otomatis ya..

  7. Banyak pertanyaan sih, tapi udah terjawab semua ssma komentar” di atas.. Hehe
    Mau nanya nih mas, kalo misalkan upgrade lewat online, dikenakan biaya ga? Atau harus punya kartu yg upgrade 4g?

    • Lewat online gratis selama kuota upgrade gratisnya masih ada. Kalaupun sudah tidak gratis, nantinya cuma dikenakan biaya 10 ribu rupiah saja.

  8. Saya sudah coba migrasi, gan
    Hasil, wowowowww..!! Dapat 10gb 4g
    Sisa pulsa dan kuota tidak hilang, langsung pindah ke sim yang baru
    Trima kasih Telkomsel

  9. gan kalau upgrade 4g pake “kartu upgrade” nomornya ttp “kartu lama” atau nomor “kartu baru” ?

    soalnya nomernya sudah link kemana mana ini, sayang kl ganti nomor.

  10. temen saya pernah upgrade 4g di grapari langsung,terus kata cs nya nomer di kontak bakalan ilang semua.
    nah,klo qta upgrade sendiri itu gimana gan?
    bakalan ilang juga ga??

  11. Gan.. Kalo gak ada kartu perdana upgrade 4g tp ada nya kartu perdana biasa yg udah 4g.. Bisa di tukar nomer pake cara di atas..
    Butuh pencerahan..

  12. Maaf saya mau tanya … Saat saya meminta token malah dapet sms seperti ini ” Maaf pada nomor 6282134763xxx terdaftar sebagai pengguna jasa perbankan. Untuk keamanan data perbankan Anda, silakan melakukan ganti kartu 4G di GraPARI terdekat.” Gimana solusinya klau tanpa ke grapari. Trimkasih

  13. saya dial *888*46#
    saya coba berkali minta token… setelah saya masukan token… balasan nya nihil gan….
    saya malah di suruh datang ke grapari gan…
    saya minta token gak bisa lagi… balasannyaMaaf pada nomor 6282227343xxx terdaftar sebagai pengguna jasa perbankan. Untuk keamanan data perbankan Anda, silakan melakukan ganti kartu 4G di GraPARI terdekat

  14. Mas kmarin saya bisa beli paket 1gb = 10rb ,setelah saya upgrade k grafari karna gratis 4g nya bnyak kok kartu saya gak bisa beli paket seperti biasa lagi?tolong lencerahannya mas

    • Mungkin bukan karena upgrade 4G mas, bisa saja periode promo untuk nomor tersebut sudah habis. Saya sudah upgrade 4G sejak tulisan ini saya buat dan masih bisa beli paket 10 ribu untuk 800 MB + 1 GB 4G + 500 menit telpon + 1000 SMS. Namun baru sekitar 4 hari ini saya sudah tidak bisa beli paket tersebut, di *363# hilang tidak ada pilihan paket itu. Saya komplain dengan mengirim email ke CS Telkomsel, jawabannya memang ada periodenya dan ditambah dengan ketentuan tertentu.

      Tapi alhamdulillahnya, ternyata saat ini saya masih bisa membeli paket itu di *550*323#. Melalui kode ini saya bisa membeli paket yang 10 ribu untuk kuota 800 MB + 500 menit telepon + 1000 SMS tanpa bonus 4G 1 GB (karena sebenarnya dari dulu memang dengan harga 10 ribu saya cuma dapat 800 MB tanpa 1GB bonus 4G).

      Coba mas Hendry cari tahu kode untuk beli paket simpati 10 ribu untuk 1 GB. Mudah-mudahan masih bisa membelinya.

  15. Saya ingin melakukan upgrade 4g tapi karna kartu sy terdaftar jasa perbankan jd tdk bs d lakukan scr online.sy datang ke grapari d kota saya pun(purwakarta) katanya blm bisa melayani upgrade 4g yg no ny sdh terdaftar jasa perbankan.saya d suruh ke grapari karawang atau bandung untuk melakukan upgrade.karna jarak yg cukup memakan waktu apa ada solusinya spy saya tdk harus datang ke grapari besar untuk melakukan upgrade 4g?

    • Mungkin solusinya menganti nomor yang terdaftar di jasa perbankan dengan nomor lain. Setelah itu lakukan upgrade 4G. Tapi menurut saya masih ribet. Mendingan untuk internetnya gunakan kartu 4G lainnya sampai mbak Nia bisa mendatangi grapari besar.

  16. Mau tanya,saya pengen ganti 3G ke 4G, tpi takut paketan 50rb 8gb nya ilang, soalnya tiap paketan aku g pernah daftar dll, aku cma isi pulasaku 50rb sebelum masa tenggang kuota ku abis, jdi tiba” paketan sendiri. Apakah klo diganti ke 4G paketan nya masih ada ??
    Mas nya paketan 10rb 1,8gb itu paketannya pke daftar apa kyk yg aku jelasin diatas, isi pulsa sebelum masa tenggang kuota abis.

    Makasih sebelumnya

    • Gak hilang kok. Biasanya paket seperti itu akan hilang kalau kita lama gak beli paket tersebut. Seperti kartu ibu saya yang dapat paket 20 ribu 3 GB tapi gak pernah beli, akhirnya hilang dengan sendirinya.

      Kebetulan paket 1,8 GB saya sebelum masa aktif paketan habis sudah membelinya lagi karena kuota sudah habis. Cuma kemarin saya coba beli paket lain akhirnya bonus yang 1 GB 4G hilang, jadinya cuma bisa beli 10ribu dapat 800 MB saja. Itupun dibatasi per periodenya.

      • wah-wah ternyata kelakuannya telsel bikin greget ya? he he
        ane juga biasa pake paket ya 30rbu 5GB + 5GB 4G
        karna sisa bonus 4G ane masih banyak 15Giga-an (akumulasi) jd ane putusin upgrade aja sim ke 4G di grapari awal desember kemaren.
        dapet lg dah bonus 10GB kuota 4G menjadi 10+15 25GB 4G.
        3 hari yg lalu semua bonus paket flash+4G dah abis. ane isi lagi tu yg 30rbu 5GB + 5GB 4G. tp ternyata? ya sama kyk nt, cuman dapet flash doank.. bonus 5GB 4G nya ngak nongol2… asem dah…. just share pengalaman he he

  17. mau tanya gan, saya upgrade kartu loop saya ke 4G saya udah mengikuti langkah di atas tapi ko pas saya memasukan token/pin dengan benar selalu muncul sms pendaftaran gagal, kenapa yah?

  18. Kak.. sorry mau nanya
    Aku pake telkomsel loop. Gatau nih kartu bisa 4g apa engga. Setiap beli kouta selalu dpt bonus 4g sampe skrg bonus itu ada 21gb. Data seluler di hp ku itu sudah LTE/3G/2G tp gapernah LTE/4g. Selalu 3g terus. Jd bonus itu ga kepake. Heran. Masalah nya dr hp atau kartu?

    • pastikan hp, lokasi dan kartu sudah support 4G. Kalau ketiganya sudah memenuhi syarat, masuk ke setelan jaringan, mode jaringan ubah ke manual, pilih Telkomsel 4G.

  19. Mas bro maaf pertanyaan nya agak nyeleweng kan hp saya 4g tapi katanya dkat rumah kalau pakai xl 4g towernya ada di dkat rumah tapi kalau dipakai suka pindah 4g trus H+ kadang juga H kalau edge jarang. Knapa ya itu klau tau mas bro??

    • tergantung yang lebih kuat jaringan 4G atau H+. Solusinya sih saya biasanya mengubah mode jaringan menjadi manual, kemudian pilih XL 4G.

  20. Bang kalau kita daftar paket apakah bonus 10GB yg di dapat waktu upgrade kartu akan hilang atau di akumulasikan dengan yang baru

  21. mas junot. Mau nanya.
    Saya punya Kuota 4G dari pengisian paket bulanan sebelum migrasi ke USIM 4G ada 32 GB. Setelah migrasi dan daftar *363*50# kuota saya jadi 42 GB. Tapi setelah 1 Bulan pemakaian kuota saya tersisa 34 GB hilang dgn sendirinya. Saya jadi bingung. Apa ada solusi kembalikan kuota saya yg hilang?
    Terima Kasih.

    • masa aktif paket internet biasanya kan 1 bulan. mungkin masa aktif paketnya sudah habis, jadi sisa kuotanya hangus. Perhatikan juga di kartu Simpati juga ada bonus kuota 4G yang berlaku hanya 15 hari sejak pembelian paket tersebut. Untuk mengembalikan kuota yang hilang itu kayaknya gak bisa.

      • Kak kan dulu pas beli paket udah ada buat paket 4G abis itu upgrade kartu. Abis itu paketnya masih ada sampe sekarang 23GB dan itu akumulasi dari 2 bulan. Tp kenapa di tengah pemakaian tiba2 hilang dan sisa paket 3G ya?

        • perhatikan juga bonus 4G ketika membeli paket internet Telkomsel. Beberpa waktu lalu saya pernah melihat pada paket bulanan mendapat bonus 4G yang masa berlakunya hanya 15 hari sejak pembelian paket. Mungkin itu yang terjadi pada mbak Tiskayani.

  22. Mau tanya dong misal kita upgrade ke 4g msal kita berada di daerah yg tidak mndukung jaringn 4g apakah kita msih bisa menggunakan 3gnya?
    Jdi kuota 4g 2gb dan 3g 5gb apakah kita bsa menggunakan 4g terlebih dahulu lalu balik lg ke 3g bsa atau tidak ya?
    Trimakasih

  23. bang kalo kartu upgrade ny udah aktif dluan d konter, trus kita beli, apkah masih bsa dpake buat upgrade no lama kita gk ? apakah msih bsa tuh krtu dpake buat pindahin no lama kita ?

  24. Wah info bagus nih mas bro, dari komen2nya juga banyak membantu. Pertanyaan ane terjawab sudah, khawatir paket di kartu lama pas di upgrade jadi hilang ternyata tidak. Langkah2 upgrade-nya juga cukup jelas.
    Trimakasih infonya

    • biasanya kan akun menempel pada nomor bukan di kartu. Jadi menurut saya kartu mkios masih aman. Untuk lebih amannya sebaiknya upgrade di grapari mas.

  25. Om mao tanya saya dapat sms ( Maaf Anda sudah 12x salah memasukkan data untuk Upgrade 4G melalui *888*46# ) gimana solusinya terima kasih.

  26. Mau tnya kak, tiap kli saya mau masuk ke lgkah2 upgred. Selalu ad tulisan ” pangilan keluar dibatasi oleh FDN ” bagaimn mengatasinya.???
    Terimkasih

  27. pin nmr dlu udah ada tp kartu buat upgrade nya belum ada apa boleh nanti klo udah dapat kartu upgrade 4g nya baru masukan pin nmr lama …?

    • bisa, memang semua perdana upgrade 4G telkomsel ada nomornya. yang jadi masalah nantinya kalau kartu upgrade tersebut sudah diaktifkan lebih dari 30 hari maka tidak akan bisa digunakan untuk upgrade.

  28. mas mau tanya, saya pengguna loop,
    dulu masih 3G wkt sy belinya cz di tmpt sy blm ada jaringan 4G.
    trs sy ke grapari dan sy upgrade kartu ke 4G, wkt itu di tempat saya masih ada jaringan 3G,
    nah, skrg sudah ada jaringan 4Gnya,
    gmn mas caranya spy sy tahu kartu sy menggunakan kuota 4G, cz kebetulan sy pakai loop paket kuota on loop holic yg ada midnightnya 4Gnya hanya sedot kuota flashnya aja, sedang midnightnya pakai jaringan 3G, gmn ya mas upgrade spy kuota midnightnya bs jd kuota 4G, cz di S&K berlaku 2/5 b). Dgn melakukan upgrade, seluruh profil nomor lama(nomor kartu, pulsa, kuota & data) akan pindah ke kartu USIM 4G.
    *kartu saya sudah 4G mas
    tolong pencerahanya,
    tenkyu

    • kalau siang hari jaringan di hp 4G biasanya yang kepotong kuota 4G. tapi kalau internetannya di jam malam/kalong otomatis yang terpotong kuota midnightnya, karena memang prioritas di jam tersebut adalah kuota midnight. Untuk memastikan coba deh sebelum internetan dicek *889# kuotanya masih berapa. Setelah internetan yang kepotong kuota apa.

      • kalo mlm (00.00-00.07) ya yg kepotong kuota midnightnya mas, kuota flash tetap, tp kok midnightnya pakai jaringan 3G ya?, bukan 4G.
        nah itu mslhnya, sy ingin kuota midnight saya lewat jalur 4G/LTE supaya bisa kenceng spt kuota flash, secara yg midnight kuotanya melimpah, tp tdk 4G.
        dulu sblm ada 4G speed 3G di tmpt sy rata2 1,1 MBps ato 8,8 Mbps sedangkan kl pakai 4G bisa sampai 5 MBps atau 40 Mbps, skrg 3G di tmpt sy rata2 dibawah 500 kBps atau kurang dari 4Mbps.

  29. Mau nanya pas saya mau upgared kartu lama terxta smsnya nomor yg anda tidak dapat beralih jaringan 4g karna kartu yg anda miliki terdaftar sebagai jasa perbankan… Gimana dong klo gitu soalnya saya gak pernah daftar nomor sbgai jasa perbankan

      • Assalaamu’alaikum bang Junot, mhn izin, nomor Simpati 3G saya Baru saja di upgrade ke kartu 4G dikirimin dari outlet telkomsel. Tujuannya adalah agar paket internet saya lebih murah dari biasanya, tapi setelah diupgrade kartu Baru 4G harganya masih sama kayak kartu 3 G yg lama,mhn penjelasannya dong ?. Terima kasih.

        • Waalaikum salam mas Achmad Munadi. Upgrade ke karu 4G telkomsel hanya bertujuan agar bisa menggunakan kuota internet khusus jaringan 4G yang tidak bisa dipakai kalau kartu masih mentok di 3G. Biasanya kan di paket internet telkomsel ada pembagian kuota jaringan, sayang sekali kalau kuota khusus jaringan 4G tidak terpakai. Upgrade ke kartu 4G telkomsel tidak akan merubah harga paket internet.

      • om junot kalo uda upgrade ke 4G lewat °888 apa nomor kartu sim kita yg lama akan hangus?
        kalo hangus apa orang lain yg mau hubungi kita, hrs menghubungi ke nomor yg baru??

        • nomor lama akan pindah ke kartu baru. jadi nomor kita tetap yang lama, hanya kartunya yang baru dan kartu lama kita hangus. Teman kita tetap menghubungi ke nomor lama.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*