Kartu Perdana Telkomsel untuk Upgrade 3G ke 4G Tanpa Harus ke GraPARI

Kartu upgrade 4G Telkomsel – Bagi pemilik smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G dan berada di area jangkauan 4G tentu ingin segera menikmati cepatnya akses internet melalui jaringan 4G. Untuk bisa menikmatinya kita juga harus menggunakan kartu seluler yang sudah mendukung jaringan 4G.

Saat ini kartu seluler 4G atau yang dikenal dengan sebutan USIM Card sangat mudah diperoleh melalui konter-konter pulsa di sekitar tempat tinggal kita. Setelah USIM Card perdana (dengan nomor baru tentunya) diaktivasi dan diisi paket data kita sudah bisa langsung menikmati internet 4G yang kecepatannya berkali lipat jika dibandingkan dengan internet 2G dan 3G.

Lain cerita jika kita ingin berinternet 4G dengan nomor lama yang hanya mendukung jaringan 3G. Mungkin karena saking sayangnya dengan nomor lama, nomor lama sudah tersebar ke para kerabat dan relasi atau nomor sudah terhubung dengan akun-akun penting membuat kita enggan berganti nomor hanya demi jaringan 4G.

Jika sudah begitu, jalan satu-satunya adalah dengan upgrade SIM Card 3G menjadi USIM Card 4G. Ini artinya kartu lama kita yang hanya bisa menerima jaringan 3G akan diganti dengan kartu yang bisa menangkap jaringan 4G. Tapi tidak usah khawatir, upgrade SIM Card 3G menjadi USIM Card 4G tidak akan mengubah nomor alias kita ganti kartu dengan nomor yang sama.

Telkomsel sebagai operator seluler dengan pelanggan terbanyak di Indonesia turut memberikan solusi. Bagi pelanggan lama Telkomsel yang ingin meng-upgrade SIM Cardnya bisa datang langsung ke GraPARI yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Upgrade SIM Card 3G menjadi USIM Card 4G yang dilakukan di GraPARI Telkomsel tidak dikenakan biaya sama sekali (gratis).

Bagi pelanggan Telkomsel yang tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke GraPARI bisa meng-upgrade kartu Simpati, kartu AS atau kartu Loop lamanya secara online.

Telkomsel juga memberikan solusi lain bagi Anda seorang yang super sibuk, tidak memiliki waktu untuk pergi ke GraPARI dan tidak mau ribet mengisi data diri secara online untuk upgrade kartu. Solusi yang sangat mudah dan murah menurut saya. Cukup dengan membeli perdana kartu upgrade 4G Telkomsel yang dijual secara terbatas, maka kartu lama Anda akan berubah menjadi USIM Card 4G. Ciri-cirinya pada bungkus perdana tersebut tertulis “Kartu Upgrade 4G Telkomsel.”

Perdana kartu upgrade 4G Telkomsel
Perdana kartu upgrade 4G Telkomsel

Harga resmi perdana kartu upgrade 4G Telkomsel adalah 3.000 rupiah. Tetapi pada kenyataannya kartu tersebut dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal. Saya mendapat kartu upgrade 4G Telkomsel itu seharga 20.000 rupiah. Harga masing-masing daerah dan konter berbeda, jadi jangan dibuat patokan ya.

Cara upgrade kartu 3G menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel

Bagi Anda pemilik kartu Simpati, kartu AS dan kartu Loop lama yang masih 3G, jangan takut untuk meng-upgrade sendiri dengan menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel. Syarat upgrade dengan cara ini hanya ada 2 yaitu kartu lama yang akan di-upgrade dan perdana kartu upgrade 4G Telkomsel yang sudah di-registrasi ke 4444. Jika sudah ada kedua kartu yang saya sebutkan, silahkan ikuti langkah-langkah yang saya berikan.

Pertama: mengambil token atau PIN dari kartu lama

Menggunakan kartu lama hubungi *888*46#. Pada pilihan yang muncul pilih 1. Dapatkan Token/PIN. Masukkan nomor kartu upgrade 4G Telkomsel yang akan digunakan untuk upgrade. Kemudian pilih 1. Ya untuk mengonfirmasi nomor upgrade 4G Telkomsel yang telah dimasukkan jika sudah benar. Tunggu sesaat, kode token/PIN akan dikirim melalui SMS ke nomor lama Anda. Simpan token/PIN tersebut.

Kedua: Menukar (memindah) nomor lama ke SIM Card baru

Menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel hubungi *888*46#. Pilih 2. Upgrade ke Kartu 4G. Konfirmasi bahwa Anda bersedia kehilangan nomor baru tersebut beserta pulsa, kuota dan datanya setelah digunakan untuk upgrade 4G dengan memilih 1. Ya. Masukkan nomor lama Anda, kemudian masukkan token/PIN dengan memperhatikan besar kecilnya huruf. Pilih 1. Ya untuk mengonfirmasi token/PIN dan nomor lama yang Anda masukkan sudah benar. Permintaan upgrade 4G selesai.

Baca juga: Solusi Nomor Kontak Teman Sering Hilang di Android

Setelah permintaan upgrade 4G selesai, kita harus menunggu maksimal 15 menit untuk mendapat SMS notifikasi proses migrasi nomor telah berhasil dilakukan. Jika sampai lebih dari 15 menit belum mendapat SMS sebaiknya matikan dulu kartu upgrade 4G Telkomsel, kemudian aktifkan kembali. Jika sudah mendapat SMS cobalah menelepon dengan kartu upgrade 4G Telkomsel apakah nomor sudah berpindah atau belum? Seharusnya nomor lama sudah berpindah ke kartu yang baru.

Untuk melakukan cara di atas kita tidak harus menggunakan 1 hp karena bisa dilakukan dengan 2 hp yang berbeda. Jika ada, agar proses permintaan upgrade 4G lebih cepat sebaiknya menggunakan 2 hp.

Sebelum melakukan upgrade 4G, sebaiknya tidak usah mengisi pulsa ke kartu upgrade 4G Telkomsel yang akan digunakan. Sebab nomor baru akan mati (dinonaktifkan) dan pulsa yang kita isi akan hangus. Hanya pulsa senilai 3.000 rupiah bawaan kartu perdana yang akan ditransfer ke nomor lama kita berupa pulsa Telkomsel yang bisa digunakan selama 7 hari pada pukul 00.00-12.00.

Baca juga: Memilih Kartu yang Cocok untuk Internet di HP Android

Sebelum 30 hari sejak diaktifkan, kartu upgrade 4G Telkomsel bisa digunakan untuk upgrade nomor lama (Simpati, Kartu AS, Loop) yang masih 3G menjadi 4G. Jika sudah melewati 30 hari kartu belum digunakan untuk upgrade 4G maka kita tidak bisa melakukan upgrade 4G dengan kartu tersebut dan harus menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel yang baru.

Demikian cara upgrade kartu 3G menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel tanpa harus pergi ke GraPARI. Jika ada pertanyaan tentang artikel ini silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Bagi Anda yang ingin mendapat info melalui media sosial tentang blog ini silahkan sukai Facebook dan ikuti Twitter kami.

198 Comments

    • Kalau pulsa, masa aktif dan paket internet di nomor lama akan ikut berpindah, tidak hilang. Yang hangus cuma pulsa dan paket yang di nomor baru, makanya jangan isi pulsa ke nomor baru yang akan digunakan untuk upgrade. Nanti setelah upgrade 4G berhasil nomor baru akan hangus/dinonaktifkan

    • Numpang nanya gan
      Saya kan beli paket bawaan kartu yg ada 3g dan 4g nya.yg saya tanyakan knpa 4g saya ngk muncul gan padahal saya pake kartu im3 muncul.gmna caranya gan tolong di kasih tau ya

  1. Jawaban dri telkomsel begini :Maaf Proses Upgrade 4G Anda Gagal, Silahkan ulangi kembali Dapatkan Token dengan menggunakan kartu lama Anda

    • Bungkus perdana seperti gambar di atas bukan mas? Waktu beli perdana kartunya sudah diaktivasi sebelumnya atau baru diaktivasi? Soalnya kartu bisa digunakan untuk upgrade hanya perdana yang seperti gambar di atas dan diaktivasi maksimal 30 hari. Kalau sudah lebih dari 30 hari kartu sudah tidak bisa digunakan untuk upgrade lagi.

      Kalau perdana sama seperti gambar, kartu baru diaktivasi, coba diulangi lagi sesuai tutorial yang saya tuliskan

    • Kontak yang tersimpan di kartu lama hilang, tidak ikut terbawa ke kartu baru. Sebelum melakukan upgrade sebaiknya kontak yang tersimpan di kartu lama dipindahkan dulu.

  2. bang, saya dapat membeli paket PROMO internet murah 10rb 1gb, 20rb 3gb, 30rb 5gb, dst. dengan mengakses *363#. Nah pertanyaannya saat upgrade ke 4g apakah layanan pada kartu lama tersebut tetap dapat diakses atau kembali menjadi normal (maksudnya promo pada *363# hilang/jadi tarif normal)?

    • Kartu saya juga dapat paket promo telkomsel 10ribu dapat 800 MB + telepon dan SMS. Setelah upgrade saya masih bisa membeli paket tersebut melalui *363#

      • Saya juga dapat promo percis kayak agan, berarti gak perlu khawatir dong ya pindah ke usim 4G. Promo nya gak bakalan hilang kan gan? Thanks infonya.

  3. maaf bang mau nanya mungkin pertanyaan saya sama seperti di atas, akan tetapi saya kurang paham gimana cara kerja upgrade 4g ini.
    jadi langkah pertama yang harus di lakukan adalah membeli kartu yang sudah 4g habis itu pakai kartu yang 4g untuk mendapatkan PIN/TOKEN.
    setelah itu langkah ke dua baru gunakan kartu yang masih 3g yang bang?
    nah gimana kalo paket yang ada di kartu 3g yang mau di up ke 4g masih ada atau hangus bang?

    • Iya betul sekali, untuk cara mendapat token sudah saya tulisakan di atas. Namun yng perlu digaris bawahi adalah kartu 4G yang kita beli dibungkusnya tertuliskan “Kartu Perdana Upgrade 4G Telkomsel”. Selain kartu 4G telkomsel selain itu tidak bisa digunakan untuk upgrade ke 4G.

      Jika di nomor lama yang ingin diupgrade ke 4G ternyata masih ada pulsa, paket internet, paket telepon atau SMS semuanya masih tetap ada, tidak akan hangus

  4. Klu sudah berhasil di upgrade mnjadi 4G.itu bisa di gunakan slamanya atau 1bulan harus ganti perdana baru lgi. Tolong pncerahanya . Mkasih

  5. Kalo pindah kartu secara online gmn? Kan kartu barunya diantar ke rumah. Nah terus mindahin paketannya gimana tuh?
    Soalnya udh terlanjur beli paketan 4g di kartu lama, eh ternyata kartunya yg belom 4g-_-

  6. Bang mau nanya nih , kalau kita upgrade kartu nya ke 4G, apakah komunitas yang ada di kartu lama akan hangus atau masih ada ?
    Sama seperti pertanyaan di atas, kalau paket internet, pulsa, nelfon, sms dan lain nya tidak hangus . Nah kalau yang terdaftar di sebuah komunitas nelfon gratis apakah akan hangus ?
    Mohon info nya bang. Terima kasih

      • “Tetap harus menggunakan Kode outlet” itu maksudnya apa ya?

        Berarti kartu 4G perdana, yg dibeli sendiri, maupun yg dipesan online (diantar ke alamat), keduanya sama2 didaftarkan oleh konter/outlet? Ga bisa kita yg daftar sendiri?

  7. Bagaimana dengan paket dasar kartu itu sendiri bang, saya penguna kartu As serbu sms 10 dpt gratisan sms trs paketan 50rb / 8GB saat saya mengupgrade kartus 3g ke 4g apa paketan dasarx berubah sesuai paketan dasar kartu baru…??

  8. kartu sy termasuk kartu sakti yg bisa beli paket 50rb 8giga di jaringan 3G… kalo sy up ke 4G kira2 menu saktinya hilang apa ydk ya…?? ato ada yg udah prnh coba.. mohon d share pengalannya

  9. diparagrap ke-2 dari bawah “…maka kita bisa melakukan upgrade 4G dengan kartu tersebut”. Sptnya kurang kata “tidak”, yg harusnya “…kita tidak bisa…”.

  10. Bg klau sudah upgrade ke 4g, seandainya sesekali ngak ada jaringan 4g di tempat kita apakah msih bisa krtu tsb ke jaringan 3g secara otomatis?

  11. Permisi ka, Ohhh jadi kita harus punya kartu yg sesuai gambar di atas dulu ya ka baru kartu 3G nya bisa menjadi 4G?.

    Intinya itu kayak perpindahan Nomor dalam 2 kartu bukan? Mohon di jawab ya Ka terima kasih.

  12. masih belum paham… loadingnya lamba mungkin masih 3g. ini mas mau pastikan aja, 1. beli kartu perdana 4g. 2. ambil pin /token pakai kartu yang baru dibeli. 3. daftar kan nomer lama yang belum 4g pakai kartu yang baru di beli. nah betul kah sudah mas? trus yang saya mau tanyakan itu kmaren beli paket internet untuk kartu lama. ternyata ada paket 4g nya 5gb. nah kalo kartu lama di rubah 3g paket saya yang 5 gb ini masih atau hilang? mau tanya sekalian memastikan. biar nda salah jaln. makasih mas atas jawabnya.

    • pertama beli kartu perdana dengan bungkus yang bertuliskan “Kartu Upgrade 4G Telkomsel.” Kemudian aktifkan kartu perdana tersebut (minta bantuan penjualnya). Lalu ambil PIN/token dari kartu lama. Terakhir masukkan token ke kartu baru. Jika berhasil kurang dari 15 menit akan ada SMS pemberitahuannya.

      Untuk paket internet, paket telepon, paket SMS dan jumlah pulsa akan ikut berpindah ke kartu baru. Jadi isinya masih utuh tidak ada yang hangus, termasuk masa aktif kartu akan sama persis seperti sebelum di-upgrade.

    • Mungkin tergantung lokasi mas. Ada yang hampir 2 minggu baru sampai ke alamat kita, ada yang baru 1 minggu sudah sampai ke rumah. Saran saya sebaiknya tulis alamat dengan lengkap agar mudah dicari dan tidak salah tujuan.

    • Saya pesan online rabu malam 28 september, kartu upgrade nya sampai tadi sore jam 3an dan langsung di upgrade-kan sama mas² yg nganterinnya
      Posisi daerah bandung

  13. Kalo registrasi online, kartu upgrade nya kan dianterin sampe rumah, itu ntar kita suruh bayar apa enggak gan ? Terus kena syarat apa lagi ? Makasih.

    • Pelanggan Simpati, kartu As, LOOP akan dikenai biaya 10.000 rupiah yang harus dibayarkan pada saat penerimaan kartu baru. Untuk pelanggan di Jakarta, Sidoarjo dan Surabaya gratis terbatas untuk 300.000 pemesan pertama.
      Syarat lain kita harus berada di kota yang sudah ada jaringan 4G Telkomsel.

      • Hari kamis kemarin saya pesan online dan tadi sore kartu sdh diantar. Rumah sy di Sidoarjo, dan ternyata sy masih termasuk 300.000 orang yg gratis. Jadi ketika kartu diantar sy tidak dikenakan biaya apapun…

    • Isinya ke nomor lama saja, nanti setelah berhasil upgrade 4G pulsa juga akan ikut berpindah. Kalau isi pulsanya ke nomor baru yang tertera di bungkus kartu perdana upgrade 4G, nanti pulsanya akan hangus.

  14. Mohon infonya tadi kan bagusnya pake hp dua untuk mengaktifkan nya nah kebetulan hp saya 2 cuma hp saya yang satunya cuma bisa buat telponan kira-kira bisa nggak ya kalo mengaktifkan nya oke hp lam saya aja yang nggak bisa internetan .

    • Tidak semua konter menjual kartu upgrade 4G Telkomsel karena memang dijual secara terbatas. Di konter dekat saya saja tidak ada yang menjual kartu tersebut, hingga akhirnya saya menemukan kartu tersebut di lain kecamatan. Tidak ada salahnya bertanya kartu tersebut ke konter terdekat, siapa tau ada yang menjual.

  15. Bang jun..telkomsel di daerah sy kurang bagus untk 3G nya,apakah kl udah upgrade ke 4G akan sama atau gmn..mks bang jun

  16. Mau nanya nih misalnya di kartu lama yg 3G terus udah berhasil berpindah ke 4G, paket yg 3G masih bisa digunakan dengan kartu yg 4G?

  17. Hp saya kan ada 2 sim card,nah terus sim 1 nya masih bisa dipakai,tapi sim yg 2 nya itu udh di blokir,hp saya kan ga bisa 4g. Berarti saya upgrade nya ke sim 1 kan. Nanti nomor yg setelah selesai di upgrade sama ga kaya yg lama ?

  18. hp saya 3G dan daerah tempat saya tinggal juga belum dpt jaringan 4G. apa saya tetap bisa upgrade kartu saya ke 4G atau tidak?
    mohon penjelasannya gan

  19. Gan klo beli kartu perdana seperti contoh di atas, berarti nomor lama gk bisa di pakai lagi dong? Di ganti sama nomor yg baru

  20. Gan mw tanya sehabis upgrade kartu ke 4g dengan cara agan di atas tanpa harus ke grapari apa dapat bonus kuota 10gb 4g juga ngak gan..?

  21. Bang,berarti kalo kita belum upgrade ke 4g walaupun ada gratisan 4g,kita belum bisa menikmati gratisan itu ya?
    Mohon pencerahanya

    • Betul sekali mas Andika. Misal hp sudah 4G, lokasi sudah ada jaringan 4G, kartu ada paketan 4G tapi kartunya masih kartu lama (belum USIM 4G) maka kita tidak bisa menghabiskan kuota 4G di paket tersebut. Makanya buruan upgrade kartu menjadi USIM 4G mas Andika 😀

  22. Bang junot.ana faham cara2nya.tapi make sure lagi.hp saya ga support 4G tapi kalo sdh diupgrade ke kartu 4G bisakah dapat menikmati fasiliras 4G dan apakah kalo di desa yg ga ada jaringan 4G jufa tetap bisa dipake?atau dia otomatis ke 3G?makasih atas jawabannya.ditunggu

    • Halo mbak Lia. Untuk menikmati 4G tetap harus dengan 3 syarat yaitu kartu 4G, jaringan 4G dan hp/device 4G. Kurang 1 syarat tidak bisa menikmati 4G.

      Kalau kartu kita 4G kemudian dibawa ke wilayah yang tidak ada jaringan 4G maka otomatis akan menggunakan jaringan 2G atau 3G.

  23. pertanyaan saya, saya jawab sendiri

    untuk HH yg masih mentok 3G/H+ mesti ganti HH yg suport 4G dulu ya, baru bisa menikmati layanan SIM 4G setelah upgarde

    apakah SIM upgrade tersebut masih bisa digunakan pada HH non 4G?
    jika bisa tidak mengapa meski hanya mentok dijaringan H+… nanti jika saya punya HH yg sudah support 4G tidak perlu repot repot cari kartu baru

    • Jos banget… Benar sekali mas Abwabun. Kalau sudah berhasil upgrade 4G, kartu masih bisa digunakan di hp non 4G, nanti akan mendapat jaringan 2G atau 3G.

  24. Saya sudah beli kartu 4g lte..tpi saya coba daftar tetap datang sms balasan gagal..langkah2 nya sudah saya ikuti semua. Dan sudah saya coba puluhan kali

  25. Kalau upgrade kartu nya secara online atau di grapari, apa sama dengan cara di atas data yg di kartu lama yg berpindah, pulsa, data, dan paket internet sepeti yg 50rb=8gb tetap sama dengan kartu lama.

    • Sama saja mas hepri. Untuk paket internet telkomsel yang 50ribu dapat 8 GB tetap bisa dibeli, kan yang terdaftar untuk bisa membeli paket tersebut nomor hpnya.

  26. Ka gimana mendapatkan kartu upgrade 4G lte telkomsel secara online , trus klo kartunya d antar ke rmh kita harus bayar brp ka

  27. Saya sudah cari cari di counter biasa pinggir jalan tapi tidak ada yg menjual kartu UPgrade 4G, mreka merekomendasikan ke graPARI saja (saya di JAKARTA BARAT).
    Yang mau saya tanyakan Layanan tukar kartu di graPARI berlaku dari kapan sampai kapan ya..?? Trus biaya dan SK nya apa aja, thanx pak junot..

    • Memang untuk perdana upgrade 4G dijual terbatas. kebanyakan dijual online. Kalau tukar kartu di GraPARI gratis. Untuk sampai kapannya saya kurang tahu, kalau ada niat buat upgrade lebih cepat lebih baik.

  28. hai mas
    mau tnya kartu sy udh di upgrade ke 4G dan berhasil,yg sy bngng knp ya jrngan.y msh 3G ja pdhl sttngan udh drbh jd lte only dan wilayah sy pun udh terjangkau 4G?
    mhn pencerahan.y dan bgaimana cara slnjt.y agar dpt sinyal 4G?
    trims

  29. Saya juga mau cepet-cepet upgrade 4G tapi masalah nya GraPARI di dekat lokasi saya tutup.
    Kalo di indomaret/alfamart apa ada d jual seperti layanan UPgrade 4G indosat??
    Thanx

  30. Mas mau tanya, klau kita upgrade ke 4G stlah ganti kartu dengan nomor yg sama. Apa line msh bsa ttp d gunakan dan tdk ada masalah ?

  31. Gan jadi harus 2 kartu Telkomsel dulu ya? Yg satu kartu lama3G yg satu kartu baru4G(harus di beli dulu) terus kartu (baru) yg udah di upgrade nomornya sama Ga kaya kartu yang lama? Terus pulsa sama kuota yang lama hilang apa tidak? Terus kartu yang lama masih bisa di pakai apa tidak? Jawab ya gan saya masih kurang memgerti

    • Iya, bungkus kartu barunya harus seperti gambar di atas ya. Nantinya nomornya sama dengan nomor lama. Pulsa dan kuota tidak hilang, akan ikut berpindah ke kartu baru.

      Kalau sudah berhasil upgrade, kartu lama tidak bisa digunakan lagi. Nomor yang awalnya dikartu baru otomatis mati.

  32. Kenapa sy upgrade kartu simpati sy selalu gagal. Selalu di berikan jawaban coba lg. Pdhl sy sdh masukan semua petunjuk yg ada,,tolong dong beri solusi,x,.!??

  33. Numpang report agan”.
    Didaerah saya kartu upgrade di hargai Rp. 80,000.00

    Hati” dengan cpunter daerah anda yang kemungkinan mengambil untung berlibihan.

  34. Mau nanya mas mungkin pertanyaan nya sama kaya yang diatas namun kurang paham,, kan saya make paketan 1gb 10.000 2gb 20.000 dsb, nah kalo misalnya saya ubah ke 4g apakah paketannya berubah? Maksudnya paketan pada saat 3g berubah lebih mahal? Sekian mas mohon di respon😅

  35. Mau tanya bos saya kn mau upgarade dari 3g ke 4g . Misalnya saya datang ke gafari telkomsel tp saya gak bawa kartu lamanya karna ketinggalan drmh . Kira2 bisa gk. Soalnya mau balik lg kermh agak jauh .

    • Maaf baru jawab, semoga belum terlambat. Mungkin bisa kalau mas Suprapto datang ke Grapari tanpa membawa kartu lama, kemudian bilang mau ganti kartu dengan nomor yang sama karena nomor lama hilang. Kalau mas Suprapto bilang jujur karena kartu ketinggalan di rumah pasti disuruh pulang ambil kartu lama dulu.

  36. selain pulsa dan paket tdk hangus.. Apakah fasilitas promo internet spt di kartu lama tetap ada/sama stlh diupgrade?.. krn tdk semua kartu As dpt promo internet Murah 30rb/bln dpt 5gb dan 5gb 4G..

  37. Gan,kemarin Sy beli kartu upgrade 4g..kata yg jual kuotanya 10gb,baru dipake sehari internat sdh gk bisa lg,knp ya gan..? dpt sms telkomsel katanya disuruh isi pulsa,sdh ane isi tetap aja gk bisa..pdhal ane cek kuota msh ada 9gb

    • Maaf, mungkin yang mas Jojon maksud kartu perdana 4G dengan kuota internet. Soalnya setahu saya kartu upgrade 4G belum ada kuota internet. Kalau sudah diisi pulsa berarti kartu masih aktif, coba diregistrasi ulang. Saya pernah mengalami kasus yang sama, kemudian saya coba registrasi ulang dan kuota internet bisa digunakan lagi.

  38. Salam kak. Baru beberapa hari yang lalu saya upgrade ke 4g ( diantar oleh petugas telkomsel ke rumah ). Upgrade berhasil, tapi waktu saya aktifkan mobile data, jaringan masi di 4G, dan ga lama ada sms utk menghubungi grapari untuk minta kode POSID, dan kode ini di sms ke 1818. Apa ada kesalahan waktu upgrade, karena setiap internet aktif selalu muncul instruksi minta kode POSID.

    • Itu seperti registrasi kartu baru mbak. Mbak Lyan datang saja ke konter pulsa terdekat minta kode ID untuk registrasi perdana telkomsel. SMS ke 1818 dengan format POSID (spasi) 10 digit kode ID kan ya?

    • Selama kuota gratis (300.000 orang pertama) belum tercapai, mas Aris masih dapat gratis tanpa biaya. Kalau sudah tercapai mas Aris cuma kena 10ribu saja.

      Sampai tumah ada yang 4 hari, ada yang 1 minggu, ada yang lebih dari 1 minggu. Tergantung keberuntungan kali yah.

    • Biasanya konter-konter di Bekasi jarang yang sedia kartu upgrade 4G. Saya saja tinggal di Cikarang Utara dapat kartunya di Serang, Cikarang selatan.

      Kalau boleh tau mas Aang Bekasinya mana?

  39. met sore gan.saya mohon pencerahannya.sim lama yg saya pake.pas registrasinya kan pake KTP saya sendiri,skarang saya mau upgrad ke 4g.apakah setelah dimasukan kartu upgrad ke hp.diminta regis dulu/tidak?terus data lama regis KTP saya akan berlaku dikartu yg baru saya upgrade/tdk.haturnuhun gan.

  40. Saya bermaksud update 3g ke 4g..
    Semua petunjuk sudah saya ikuti..
    Tp balasanya koq no saya blm terdaftar.padahal no yg lama maupun yang baru sudah saya gunakan semua..
    Mohon penjelasan dan solusinya..makash

  41. Kak mau nanya, saya barusan upgrade via online tinggal nunggu dikirim. Trus untuk kartu 4g yg diantar ke rumah bentuk sim cardnya seperti apa ya? Sim card biasa, micro sim, atau nano sim? Karena saat saya daftar online tidak ditanyakan tipe hp maupun sim card. Terima kasih.

  42. keren nih. smua pertanyaan d babad habis ta tersisa. d bls smua. thank gan. membantu sekali buat yg lain yg blom paham. Ampe saya baca komentar dri awal sampe abis hahahaha

  43. Mas saya sudah berhasil upgrade ke kartu 4G…
    Saya baru ngeh kok ga ada menu MBCA ny di kartu baru….
    Bagaimana mengembalikan menu MBCA ny ? 😮

  44. kan dsni sya punya aplikasi chastree dan koin monster kedua aplikasi ini dapat menghasilkan pulsa tpi sy mau upgred kartu sy apakah poin pulsa sya pada aplikasi tersebut akan terhapus?

    • Bisa dipotong. Bentuknya seperti sim card biasa kok, sudah terpotong ukuran micro sim card juga. Sim card lama otomatis hangus setelah upgrade berhasil.

  45. Mas mau Tanya, saya coba upgrade sendiri, sesuai sama yg mas jelasin diatas, tapi saya belum dapet sms upgrade berhasil, padahal udah berkali-kali dicoba, kartu upgrade nya jadi “no service”, apa no lama saya udah jadi 4g? Kalo belum, rugi dong -,-

  46. Iya sudah, tetep gak ada sms, dan no service, apa bisa di cek sudah 4g apa belum? Seperti yg dijelaskan “simcard kedua otomatis non aktif saat simcard prtama sudah 4g”

  47. Kegunaan kartu perdana 4G telkomsel yg kyk gambar diatas itu apa? Itu kartunya tetap atau tidak? Terus kalo mau beli paket internet kira kira terjangkau? Saya pengen coba ganti kartu itu min. Tolong sarannya, saya sampe skrg masih pake kartu 3G dan bukan telkomsel kartu yg habis kuota langsung buang haha

    • guna kartu perdana 4G telkomsel seperti gambar di atas sebagai pengganti kartu lama kita namun dengan nomor lama kita. Keuntungan menggunakan kartu itu kita bisa upgrade kartu 4G tanpa perlu ke grapari. Selain itu kita juga bisa menikmati kuota internet yang hanya bisa dinikmati di jaringan 4G.

      Kalau hp mbak Rini sudah 4G gak ada salahnya upgrade kartu. Tapi kalau hpnya masih 3G sementara bertahan dengan kartu 3G yang sekarang juga gak apa. oiya,, setelah upgrade kartu 4G berhasil sifatnya tetap. jadi nomor kita akan berpindah permanen ke kartu baru.

  48. Itu gunanya untuk alternatif supaya kartu lama kita jadi 4g, atau fungsinya untuk pengganti kartu lama kita ? Bales ya min thanks

  49. Kalo ada pengguna kartu sakti yg sdh coba upgrade dr 3g ke 4g mohon di share apa kesaktiannya http ada atau hilang… sayang juga klp paket murahnya hilang gara2 upgrade

    • Mungkin ada. Tapi saya dapatnya yang micro sim. Kan kalau tidak ada yang nano juga bisa dipotong sendiri. Memotong ke menurut saya lebih mudah daripada memotong mini sim ke micro sim.

  50. Baru2 ini kartu saya udah upgrede ke 4g tetapi setelah isi pulsa masa aktifnya ngga nambah, seharusnya kan nambah untuk 1 bulan. Mohon penjelasan nya agan2 semua.

  51. bang saya habis upgrade,tapi belum ada konfirmasi berhasil
    dan signal di perdana 4g up malah ilang signalnya gak nimbul 2

  52. Mas saya mau tanya, saya kan udh berhasil upgrade ke 4G di Grapari. Tapi saya gak dapet bonus kuota 10 GB. Itu kenapa ya mas? Apa saya harus isi kuota/pulsa dulu baru dapat bonus kuota 10 GB? Mohon jawabannya ya mas.

    • Coba tekan *363*50# untuk mengaktifkan gratis 10 GB itu, tanpa biaya. Kalau dapat berarti mbak Inka beruntung, karena tidak semua nomor yang upgrade 4G mendapat gratis kuota 4G sebanyak 10 GB.

  53. setelah mengupgrade kartu dari 3g ke 4g,apa
    seterusnya 4g akan cepet nyedot kuota internet?
    trimakasih sebelum n sesudahnya kang junot.

    • perkara kuota cepat tersedot atau tidak tergantung dari apa yang diakses. Misalnya kita mengakses video youtube dengan kualitas HD tentu akan lebih cepat menghabiskan kuota dibanding dengan hanya membuka BBM atau whatsapp. Selama tidak digunakan untuk streaming dan download, kuota pasti akan awet. Dengan 4G tentu akses internet akan lebih cepat.

  54. Maaf mas mu nanya aku udah upgrade ke kartu 4G dapet bonus juga 10GB plus pulsa 3000 tapi misal kalo buka browser kadang masi kepotong pulsa..itu gimana ya?barangkali tahu..makasii banyak

    • mungkin kepotong pulsanya waktu jaringannya di E atau H/H+. Soalnya bonus 10 GB cuma buat di jaringan 4G saja, gak bisa di 2G dan 3G

  55. Kak, saya kan udh berhasil upgrade ke 4G di Grapari. Tapi saya gak dapet bonus kuota 10 GB. Itu kenapa ya mas? Uda nyoba telfon call center trs dapet balasan sms katanya kartu sudah pernah diupgrade USIM gitu. Padahal ini kartu lama saya pegang sendiri dan bener2 belum 4G pas waktu belum tak upgrade ke Grapari. Mohon jawabannya ya mas.

    • Memang tidak semua nomor yang di-upgrade mendapat bonus kuota 4G 10 GB. Saya juga tidak mendapat bonus tersebut. Intinya hanya nomor-nomor tertentu (yang beruntung) saja yang mendapat bonus 10 GB.

  56. Beberapa kali mencoba ada balasan “Maaf Token yang Anda masukkan Kadaluarsa (Expired), Silahkan ulangi Dapatkan Token dengan menggunakan kartu lama Anda” sudah 3 kali coba,kira² harus gimana ya?

  57. mas, mau tanya. kalo mau aktivasi kartu upgrade 4G yg baru itu caranya sama kan dengan kita mengaktivasi kartu perdana yg biasa ?

  58. Alhamdulillah brhsil mas awalnya sya tadi cuma iseng2 aja,kbtlan sya punya dua kartu udah ngga kpkai tp msh aktif yg satu ada tulisan 4g yg satu smpati loop sya upgrad kok bisa stlh berhasil lngsng dpt bonus 10gb,mksh mas junot bntuanya

  59. Mas daerah saya kan masih belum support 4G, tapi saya pengen Upgrade aja ke 4G, itu kartu Upgrade 4G masih bisa di gunakan di daerah yg belum support 4G ga???

  60. ada lg nih pertanyan seputar 4g,,sy ad kartu 3g setelah sy beli paket dpt bns kuota 4g,,apakah stlah sy upgrade kartu 3g ke 4g bns kuota 4g ny tidak hilang,,tks admin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*