Kartu Perdana Telkomsel untuk Upgrade 3G ke 4G Tanpa Harus ke GraPARI

Kartu upgrade 4G Telkomsel – Bagi pemilik smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G dan berada di area jangkauan 4G tentu ingin segera menikmati cepatnya akses internet melalui jaringan 4G. Untuk bisa menikmatinya kita juga harus menggunakan kartu seluler yang sudah mendukung jaringan 4G.

Saat ini kartu seluler 4G atau yang dikenal dengan sebutan USIM Card sangat mudah diperoleh melalui konter-konter pulsa di sekitar tempat tinggal kita. Setelah USIM Card perdana (dengan nomor baru tentunya) diaktivasi dan diisi paket data kita sudah bisa langsung menikmati internet 4G yang kecepatannya berkali lipat jika dibandingkan dengan internet 2G dan 3G.

Lain cerita jika kita ingin berinternet 4G dengan nomor lama yang hanya mendukung jaringan 3G. Mungkin karena saking sayangnya dengan nomor lama, nomor lama sudah tersebar ke para kerabat dan relasi atau nomor sudah terhubung dengan akun-akun penting membuat kita enggan berganti nomor hanya demi jaringan 4G.

Jika sudah begitu, jalan satu-satunya adalah dengan upgrade SIM Card 3G menjadi USIM Card 4G. Ini artinya kartu lama kita yang hanya bisa menerima jaringan 3G akan diganti dengan kartu yang bisa menangkap jaringan 4G. Tapi tidak usah khawatir, upgrade SIM Card 3G menjadi USIM Card 4G tidak akan mengubah nomor alias kita ganti kartu dengan nomor yang sama.

Telkomsel sebagai operator seluler dengan pelanggan terbanyak di Indonesia turut memberikan solusi. Bagi pelanggan lama Telkomsel yang ingin meng-upgrade SIM Cardnya bisa datang langsung ke GraPARI yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Upgrade SIM Card 3G menjadi USIM Card 4G yang dilakukan di GraPARI Telkomsel tidak dikenakan biaya sama sekali (gratis).

Bagi pelanggan Telkomsel yang tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke GraPARI bisa meng-upgrade kartu Simpati, kartu AS atau kartu Loop lamanya secara online.

Telkomsel juga memberikan solusi lain bagi Anda seorang yang super sibuk, tidak memiliki waktu untuk pergi ke GraPARI dan tidak mau ribet mengisi data diri secara online untuk upgrade kartu. Solusi yang sangat mudah dan murah menurut saya. Cukup dengan membeli perdana kartu upgrade 4G Telkomsel yang dijual secara terbatas, maka kartu lama Anda akan berubah menjadi USIM Card 4G. Ciri-cirinya pada bungkus perdana tersebut tertulis “Kartu Upgrade 4G Telkomsel.”

kartu upgrade 4G telkomsel untuk simpati, as, loop1

Harga resmi perdana kartu upgrade 4G Telkomsel adalah 3.000 rupiah. Tetapi pada kenyataannya kartu tersebut dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal. Saya mendapat kartu upgrade 4G Telkomsel itu seharga 20.000 rupiah. Harga masing-masing daerah dan konter berbeda, jadi jangan dibuat patokan ya.

Cara upgrade kartu 3G menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel

Bagi Anda pemilik kartu Simpati, kartu AS dan kartu Loop lama yang masih 3G, jangan takut untuk meng-upgrade sendiri dengan menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel. Syarat upgrade dengan cara ini hanya ada 2 yaitu kartu lama yang akan di-upgrade dan perdana kartu upgrade 4G Telkomsel yang sudah di-registrasi ke 4444. Jika sudah ada kedua kartu yang saya sebutkan, silahkan ikuti langkah-langkah yang saya berikan.

Pertama: mengambil token atau PIN dari kartu lama

Menggunakan kartu lama hubungi *888*46#. Pada pilihan yang muncul pilih 1. Dapatkan Token/PIN. Masukkan nomor kartu upgrade 4G Telkomsel yang akan digunakan untuk upgrade. Kemudian pilih 1. Ya untuk mengonfirmasi nomor upgrade 4G Telkomsel yang telah dimasukkan jika sudah benar. Tunggu sesaat, kode token/PIN akan dikirim melalui SMS ke nomor lama Anda. Simpan token/PIN tersebut.

Kedua: Menukar (memindah) nomor lama ke SIM Card baru

Menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel hubungi *888*46#. Pilih 2. Upgrade ke Kartu 4G. Konfirmasi bahwa Anda bersedia kehilangan nomor baru tersebut beserta pulsa, kuota dan datanya setelah digunakan untuk upgrade 4G dengan memilih 1. Ya. Masukkan nomor lama Anda, kemudian masukkan token/PIN dengan memperhatikan besar kecilnya huruf. Pilih 1. Ya untuk mengonfirmasi token/PIN dan nomor lama yang Anda masukkan sudah benar. Permintaan upgrade 4G selesai.

Baca juga: Solusi Nomor Kontak Teman Sering Hilang di Android

Setelah permintaan upgrade 4G selesai, kita harus menunggu maksimal 15 menit untuk mendapat SMS notifikasi proses migrasi nomor telah berhasil dilakukan. Jika sampai lebih dari 15 menit belum mendapat SMS sebaiknya matikan dulu kartu upgrade 4G Telkomsel, kemudian aktifkan kembali. Jika sudah mendapat SMS cobalah menelepon dengan kartu upgrade 4G Telkomsel apakah nomor sudah berpindah atau belum? Seharusnya nomor lama sudah berpindah ke kartu yang baru.

Untuk melakukan cara di atas kita tidak harus menggunakan 1 hp karena bisa dilakukan dengan 2 hp yang berbeda. Jika ada, agar proses permintaan upgrade 4G lebih cepat sebaiknya menggunakan 2 hp.

Sebelum melakukan upgrade 4G, sebaiknya tidak usah mengisi pulsa ke kartu upgrade 4G Telkomsel yang akan digunakan. Sebab nomor baru akan mati (dinonaktifkan) dan pulsa yang kita isi akan hangus. Hanya pulsa senilai 3.000 rupiah bawaan kartu perdana yang akan ditransfer ke nomor lama kita berupa pulsa Telkomsel yang bisa digunakan selama 7 hari pada pukul 00.00-12.00.

Baca juga: Memilih Kartu yang Cocok untuk Internet di HP Android

Sebelum 30 hari sejak diaktifkan, kartu upgrade 4G Telkomsel bisa digunakan untuk upgrade nomor lama (Simpati, Kartu AS, Loop) yang masih 3G menjadi 4G. Jika sudah melewati 30 hari kartu belum digunakan untuk upgrade 4G maka kita tidak bisa melakukan upgrade 4G dengan kartu tersebut dan harus menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel yang baru.

Demikian cara upgrade kartu 3G menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel tanpa harus pergi ke GraPARI. Jika ada pertanyaan tentang artikel ini silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Bagi Anda yang ingin mendapat info melalui media sosial tentang blog ini silahkan sukai Facebook dan ikuti Twitter kami.

57 Comments

  1. mas maaf mau tanya nih kalau data registrasi yang sebelumnya kita ngisinya ngasal gimana. apa bkalan di blokir kartunya sama grapari? terimakasih

  2. Assalamu’alaikum bg junot, mau tanya nih, bisa ga upgrade kartu 3g ke 4g tanpa menggunakan kartu upgrade 4g melainkan pakai kartu perdana biasa yg sdh support 4g. Mohon pencerahannya

  3. Maaf mas mau tanya..setiap mau upgrade ke 4g balesan nya ..maaf saat ini anda tidak bisa melakukan transaksi,coba sesaat lagi…selalau begitu

  4. Asalamualaikum bang junot , saya mau upgrade ke 4g nih , nah di kartu saya yg mau di upgrade ini ada paket simpati murah semua , kemungkinan sesudah di upgrade ke 4g ilang ga yah paketnya ? Makasih

    • Waalaikum salam mas Ramdan. Dulu ketika saya berhasil upgrade 4G dan menuliskan artikel ini, paket simpati murah saya masih bisa dibeli beberapa kali. Tapi setelah beberapa bulan, karena kesalahan saya tidak membeli paket tersebut dan memilih paket flash lain akhirnya saya kehilangan paket murah tersebut. Untuk sekarang alhamdulillah saya diberi paket murah lagi oleh telkomsel 10 GB kuota 24 jam dengan harga 90 ribu/bulan , sudah lumayan walaupun tidak semurah yang dulu.

      Tapi akhir-akhir ini menurut komentar teman-teman di sini ada beberapa yang kehilangan paket simpati murah seketika setelah berhasil upgrade 4G. Jadi kalau mas Ramdan belum begitu butuh kartu 4G saran saya bertahan dengan kartu lama saja dulu demi paket murah yang sudah pasti.

    • berarti lakukan di grapari mbak. atau coba kartu lama mbak Dewi daftarkan dulu ke 4444 dengan data sesuai KTP. kalau sudah berhasil, coba ulangi proses upgradenya.

  5. Kartu lama Saya sdh d ganti karu 4G tp Saya d srh registrasi ulang.. Karna d kartu pas registrasi awal pakai nama suami.. Bagaimana carax sbb d hp Saya ga bs

  6. Assalamualaikum mas junot kn kartu saya 3g trs mw saya upgrd ke 4g nah kuota 4g sya ada 123g itu bisa kepake gk ya klw udh di upgrd ke 4g makasih
    Wassalam

  7. Bang junot yth. Sy punya kartu as sakti tp masih kartu lama blm 4g. Jangkauan daerah udah 4g. Ingin upgrade ke 4g. Kira kira kl sy upgrade ke 4g, saktinya ilang gak? Bisa di akses di *363#? Takut kl sy upgrade hilang kesaktiannya… Hehehe. ..

  8. Bang kalo mau upgrade di GraPARI diminta data yg lama tapi punya org tua perlu bawa KTP orang tua juga?.. paket” internet yg lama jadi berubah nggak?

    • kalau dengan data orang lain harus dengan surat kuasa. Tapi kurang tau kalau pakai KTP orang tua harus dengan surat kuasa atau tidak. Kenapa gak ngajak orang tua saja ke graparinya?

  9. mas junot kalo kartu 3g di upgrade ke 4g, nomernya masih yg no lama atau ganti nomer baru? dan satu lagi jika dikartu lama masih ada pulsa dan kuota apakah langsung hilang setelah diupgrade? . terimakasih

      • Saya juga tidak bisa upgrade karena nomor saya terdaftar mobile banking. Sudah saya coba upgrade sendiri tapi pas minta pin upgrade tidak bisa karena terdaftar perbankan. Menurut sms balasan dri telkomsel, saya disuruh ke grapari. Kata teman2, memang tidak bisa diupgrade klo udah terdaftar data perbankan. Apa benar mas junot?

  10. Tanya mas, saya pake kartu as sakti, nomer 3g, saya mau upgrade ke 4g (tanpa ke grapari) (pindah kartu) apakah kesaktian kartu saya bakal hilang setelah upgrade? Kalo berkenan kasih nomer yg bisa di hubungin ya mas

  11. numpang tanya nih gan kalau seumpa udah du up ke 4g terus di kawasan kita tidak tersedia jaringan 4g apa kita masih bisa mengunakan jaringan 3g sesuai jaringan yg kita tempati

  12. Mas junot saya mau nanya ni, kartu saya kan 3g mau pindah ke 4g tpi ktny kartu 3g saya ini terdaftar sebagai pengguna jasa perbankan, jdi gmna caranya pindah ke 4g mas?

  13. assalamu alaikum mas, mo tnya nih, klo seandainya sdah di upgrade ke 4G, tarif telfon n sms saya berubah juga kah mas?? makasih jawabannya..

  14. assalamualaikum mas, sy mau upgrade kartu as lama sy ke 4g, kira2 pulsanya ikut pindah ga ya ke nomor yg baru setelah diupgrade?

  15. Bang Junot, sya udah migrasi kartu ke 4G lewat online. krtunya juga udh dikirim. tapi kenapa pas udah berhasil migrasi, jaringannya tidak 4G, d layar yg muncul E padahal di setingan sudah LTE. HP saya Xiaomi 3S.

  16. Assalamu’alaikum.. Mas, kalo udah slesai upgrade kartu ny tp ga dapet2 sms balasan. Gimana ya mas? Padahal udah di restart juga handphone nya.. Trims

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*