Cara Menampilkan Persen Baterai di Sebelah Jaringan Asus Zenfone

Mengetahui kondisi baterai smartphone android kita sangatlah penting. Kenapa? Agar mobilitas kita tidak terganggu dan mencegah agar kita tidak kehilangan momen terbaik dalam hidup hanya karena kehabisan baterai ponsel. Serta yang tidak kalah penting adalah agar baterai smartphone android yang kita miliki tidak cepat rusak alias soak.

Konon katanya, jika baterai smartphone terlalu sering kehabisan daya maka baterai itu akan gampang rusak dan membuat smartphone error. Seperti misalnya belum berapa lama di-cas penuh sudah low-batt lagi.

Dalam kehidupan nyata, beberapa kali saya menjumpai smartphone android kawan-kawan saya bermasalah. Ada yang androidnya mati tidak mau hidup lagi karena di-cas tidak mau masuk. Ada yang yang saat androidnya hidup tidak mau di-cas, terpaksa dia nge-cas smartphonenya dalam keadaan mati (off). Ada yang bisa nge-cas, ada tanda petir di icon baterainya, tapi baterai tidak terisi.

Setelah saya tanya penyebabnya ternyata masalahnya berbeda tapi sebabnya sama. Kira-kira apa penyebabnya? Yups, pengecasan yang tidak disiplin. Disiplin di sini artinya melakukan pengecasan smartphone ketika/sebelum ada peringatan bahwa baterai lemah. Mereka terus memainkan smartphone sampai baterai benar-benar kosong (kapasitas 0%) dan mati dengan sendirinya kemudian baru mengecasnya.

Apakah setelah saya tanya penyebabnya smartphone mereka normal kembali? Tidak, kecuali smartphone tadi dibawa ke tukang servis hp (karena ponsel mereka kebanyakan menggunakan baterai taman).

Maka dari itu di sini saya ingin berbagi tips simpel nge-cas hp yang aman ala saya sendiri. Sebelum menggunakan hp baru biasakan membaca buku petunjuk yang disertakan dalam box pembelian. Di sana tertulis sebelum memakai ponsel lakukan pengisian baterai pertama kali hingga penuh. Ikuti petunjuk tersebut.

Untuk selanjutnya saya terbiasa mengisi baterai android saya selalu ketika kapasitas baterai masih 10%. Jika Anda ingin lebih aman isilah baterai android sesaat setelah ada peringatan baterai lemah, biasanya saat kapasitas baterai masih 15%. Jika terpaksanya harus mengecas nanti karena suatu keadaan, lebih baik ponsel dimatikan kalau kapasitas baterai sudah di bawah 10%.

By the way, soal kapasitas % baterai belum semua smartphone android tampil secara default di indikator baterai. Kadang malah harus menginstal aplikasi tambahan untuk menampilkannya. Mau ngecek ke setelan baterai kelamaan juga ribet untuk hal sepele macam itu.

Begitu juga di Asus zenfone di settingan default belum ada % di indikator baterai. Oleh karena itu saya menulis artikel ini untuk berbagi dengan penggunanya tentang cara menampilkan persen baterai di sebelah jaringan Asus zenfone.

Cara menampilkan persen baterai di sebelah jaringan Asus zenfone

  1. Masuk Setelan, gulir kebawah, temukan dan pilih Baterai
  2. Tekan menu pilihan berupa tiga titik vertikal yang berada di pojok kanan atas.
  3. Beri tanda pada Show battery percentage dan lihat kapasitas persen (%) baterai Asus zenfone sudah tampil di antara indikator jaringan dan baterai di notification bar.

Cara menampilkan persen baterai di sebelah jaringan asua zenfone

Oiya,,, hampir lupa. Kalau ngecas biasakan sampai penuh 100% baru dicabut ya. Udah jangan tanya kenapa atau biar apa, yang jelas itu juga bisa bikin awet baterai android kita loh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*