Cara Factory Reset pada Asus ZenFone

Hal yang selalu saya lakukan setelah upgrade firmware Asus ZenFone 5 adalah mengembalikan ZenFone ke setelan pabrik (factory reset). Ini sudah saya lakukan sejak upgrade Zenfone 5 dari android Jelly Bean ke Kitkat kemudian dari Kitkat ke Android Lollipop. Kinerja Zenfone 5 yang lebih baik sangat terasa jika dibandingkan upgrade firmware tanpa diakhiri dengan factory reset.Di forum-forum banyak yang bilang setelah upgrade firmware Zenfone 5 masih banyak bug, tidak bisa ini lah, tidak bisa itu lah, aplikasi sering force close, baterai ZenFone jadi lebih boros, hp cepat panas. Tapi ternyata semua itu tidak saya alami. Saya merasa lancar dan nyaman-nyaman saja.

Melakukan factory reset bertujuan untuk menghapus semua data yang tersimpan pada memori internal ponsel termasuk data akun, sistem, aplikasi data, pengaturan serta semua aplikasi yang terinstal (selain aplikasi bawaan). Setelah factory reset berhasil data-data akan terhapus dan ponsel android kembali seperti baru. Tampilan, pengaturan dan aplikasi yang ada sama persis seperti saat kita pertama kali membeli ponsel android. Tenang saja, kita tidak akan kehilangan akun-akun lama asal masuk ke aplikasi dengan username dan password yang sama.

Selain karena upgrade firmware android, alasan lain untuk melakukan factory reset diantaranya adalah hp android sudah semakin lemot, mengalami kerusakan software (aplikasi tidak bekerja dengan baik) dan ingin menghapus semua data sebelum ponsel dijual. Jika salah satu alasan itu ada pada Anda saya sarankan untuk segera lakukan factory reset.

Perlu saya ingatkan kembali bahwa melakukan factory reset akan menghapus semua data yang tersimpan pada memori internal android. Maka dari itu jangan lupa untuk mem-backup data-data penting Anda ke komputer atau perangkat lain sebelum melakukan factory reset.

Setelah yakin semua data penting Anda aman, mari kita mulai langkah untuk melakukan factory reset pada android. Tutorial ini saya praktekkan pada Asus zenFone 5 dengan Android Lollipop, mungkin ada sedikit perbedaan jika Anda melakukan factory reset pada android Kitkat atau versi sebelumnya.

Cara Factory Reset pada Asus ZenFone melalui Menu

Untuk factory reset Asus Zenfone, langkah pertama adalah masuk ke Menu, pilih Settings (Setelan). Gulir ke bawah dan pilih Backup & reset (Buat cadangan & setel ulang). Lalu pilih Factory data reset (Kembalikan ke setelan pabrik).

Cara Factory Reset pada Asus ZenFone

Tekan tombol Reset device (Atur ulang perangkat). Jika ponsel menggunakan kode kunci pengaman, Anda akan diminta untuk memasukkan Pola, PIN atau Sandi sesuai apa yang digunakan.

Cara Factory Reset pada Asus ZenFone

Masukkan kode konfirmasi yang muncul berupa 4 angka, kemudian tekan tombol Erase everything (Hapus semua)

Cara Factory Reset pada Asus ZenFone

Jika kode yang dimasukkan benar, proses factory reset akan berjalan. Ponsel akan mati dan hidup kembali dengan sendirinya. Tunggu hingga proses selesai.

Setelah factory reset berhasil, kita akan diarahkan ke Wizard Konfigurasi untuk setting ulang Android sebagaimana saat kita membeli ponsel android baru.

2 Comments

  1. Bagai mana kalau kode sandi tidak ada / tidak muncul ?
    Saya mau coba kembalikan setelan pabrik tpi di minta sandi. Pdhl sandi tidak ada.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*