Apakah bisa hp 3G diubah menjadi 4G?

Apakah bisa hp 3G diubah menjadi 4G? Bagi yang sedang mencari cara untuk mengubah smartphone dengan jaringan 3G menjadi 4G, Anda tidak salah masuk. Di sini Anda akan mendapatkan jawabannya. Jika penasaran teruskan artikel ini sampai selesai.

Apakah bisa hp 3G diubah menjadi 4G?

Melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat tidak bisa dipungkiri kita harus selalu mengikutinya jika tidak ingin ketinggalan. Begitu juga dengan telekomunikasi. Dulu kita nyaman dengan menggunakan jaringan 2G saja. Kemudian datanglah teknologi baru yang mengusung jaringan 3G. Kemudian datang teknologi yang lebih baru lagi yaitu 4G, khususnya di negara kita, Indonesia.

Di sini, saya tidak akan mengulas panjang lebar tentang perbedaan ketiga jaringan tersebut. Saya yakin sudah banyak blogger di luar sana yang menuliskan perbedaan dari masing-masing jaringan itu. Jika diambil benang merahnya saja, jaringan 4G lebih canggih dari jaringan 2G dan 3G. Yang paling terlihat nantinya adalah pada kecepatan internet 4G yang sampai berpuluh kali lipat jika dibandingkan dengan kecepatan internet 3G.

Kembali ke topik utama, bisakah hp atau smartphone dengan jaringan 3G diubah menjadi 4G? Selain harus berada di area jangkaun 4G, syarat utama untuk bisa menggunakan jaringan 4G adalah kita harus memiliki handphone dan SIM card yang sudah mendukung jaringan 4G juga.

SIM card dari provider yang mendukung 4G

Saat ini semua provider telekomunikasi di Indonesia sudah menggunakan layanan 4G LTE (mohon koreksinya jika salah). Untuk dapat menggunakannya kita harus menggunakan SIM card dengan uSIM (SIM card dengan 4G LTE).

Cara termudah untuk mendapatkan uSIM (SIM card 4G LTE) adalah dengan membeli kartu perdana di konter-konter terdekat. Jika Anda pengguna kartu lama dan tidak ingin kehilangan nomornya, Anda bisa menukarkan SIM card lama dengan uSIM di gerai masing-masing provider. Seperti di GraPARI untuk Telkomsel, XL Center untuk kartu XL, Galeri Indosat untuk kartu Indosat. Untuk beberapa provider juga menyediakan layanan tukar SIM card biasa dengan uSIM (SIM card 4G LTE) secara online.

Handphone yang mendukung 4G

Meskipun kita sudah menggunakan uSIM, kita belum bisa menikmati cepatnya internet jaringan 4G LTE jika hp kita masih mentok di teknologi 3G. Untuk hp yang rilis pada tahun 2015 dan sebelumnya, kebanyakan masih menggunakan jaringan 3G , H+. Pada tahun itu, jumlah smartphone yang dibuat dengan spesifikasi jaringan 4G masih sedikit jumlahnya. Jika ingin memilikinya pun kita harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit, karena harganya yang masih mahal.

Sekedar saran dari saya, jika Anda sudah memiliki hp dengan spesifikasi yang lumayan bagus dan mampu menunjang mobilitas Anda sebaiknya tetap gunakan, meskipun cuma bisa menangkap sinyal 3G atau H+. Setidaknya untuk saat ini. Kenapa? Karena selain alasan harga device yang masih mahal, harga paket internet 4G untuk saat ini pun mahal. Toh dengan koneksi jaringan H+ kita sudah bisa mengakses internet lumayan cepat.

Baca juga: Kartu Perdana Telkomsel untuk Upgrade 3g ke 4g Tanpa Harus ke GraPARI

Jangan takut kehabisan stok hp dengan spesifikasi jaringan 4G LTE jika tidak membeli sekarang, karena semakin ke sana tentunya akan semakin banyak produk-produk hp dengan spesifikasi yang lebih bagus dari yang sudah ada sekarang.

Harus berada di area jangkauan 4G LTE

Ini adalah poin terpenting jika kita ingin menggunakan jaringan 4G. Percuma saja kita memiliki uSIM, percuma saja kita membeli smartphone dengan sepsifikasi mumpuni yang mampu menangkap jaringan 4G LTE jika di daerah kita tidak termasuk dalam area jangkauan jaringan 4G LTE.

4G LTE termasuk masih baru di negara kita, jangkauannya masih terbatas. Untuk beberapa kota mungkin sudah terjangkau jaringan tersebut. Tapi untuk daerah pedesaan dan daerah terpencil saya rasa masih jarang yang terjangkau 4G LTE. Akhir tahun 2015 saja saya liburan ke suatu daerah dekat ibukota saja ada yang belum terjangkau jaringan 3G loh, padahal menggunakan kartu dari provider yang dipercaya jaringannya ada di mana-mana. Waktu itu kirim BBM sekarang terkirimnya 5 jam kemudian.

Baca juga:Ringkasan Pertanyaan tentang 3G dan 4G LTE yang Sering Muncul di NaikAtas.com

Masih mau buru-buru upgrade handphone ke 4G LTE? Kalau begitu pastikan dulu daerah Anda termasuk dalam area jangkauan 4G LTE dari provider Anda.

Kesimpulan

Untuk dapat mencicipi hebatnya jaringan 4G LTE setidaknya harus memenuhi 3 syarat yang sudah saya sebutkan di atas. uSIM, smartphone dengan jaringan 4G serta berada pada area jangkauan jaringan 4G. Jika salah satunya tidak ada maka kita tidak bisa mendapatkan jaringan 4G. Spesifikasi smartphone mentok dengan jaringan 3G tidak bisa di-upgrade karena ini soal hardware bukan software.

Update untuk pengguna Xiaomi

Bagi pengguna smartphone android Xiaomi sebenarnya ada beberapa tipe yang sudah berspesifikasi 4G. Karena terkendala aturan pemerintah mengenai TKDN, dengan sangat disayangkan smartphone tersebut masuk ke Indonesia tanpa fitur 4G (dikunci/disembunyikan). Akibatnya kita hanya bisa menggunakan hp dengan jaringan yang mentok di 3G. Tapi tenang, semua bisa diakali. Untuk menjawab pertanyaan teman-teman di kolom komentar mengenai jaringan 4G Xiaomi telah saya tuliskan HP Xiaomi Redmi 3 Pro Tidak Ada Pengaturan Jaringan 4G LTE? Di artikel itu ada solusi mudah untuk memunculkan jaringan 4G hp Xiaomi. Selamat mencoba…

12 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*