Agar Aplikasi dan Game Android Tidak Update Otomatis

Agar aplikasi dan game android tidak update otomatis – Setelah membuat akun google di ponsel android baru, tentunya kita ingin menambahkan aplikasi-aplikasi yang kita butuhkan untuk menunjang mobilitas kita. Kita bisa instal aplikasi pengolah data untuk edit tugas kuliah dan pekerjaan kantor, aplikasi edit foto dan masih banyak lagi.

Tidak ketinggalan bagi yang suka eksis di dunia maya tentunya akan menginstal aplikasi facebook, twitter, path, istagram dan sejenisnya. Bagi pecinta game pasti akan menginstal permainan-permainan yang digemari untuk mengisi waktu luangnya.

Tapi untuk aplikasi dan game yang kita dapatkan dari google playstore kadang akan ada pemberitahuan di notification bar untuk pembaruan. Malah kadang aplikasi dan game dari playstore melakukan update otomatis jika di playstore terdapat versi yang lebih baru. Padahal tidak semua orang menyukai pembaruan otomatis aplikasi dan game tersebut.

Pembaruan otomatis memang memudahkan kita untuk mendapatkan  versi terbaru dari aplikasi dan game yang kita instal di android. Tapi bagi sebagian orang tidak menyukai pembaruan otomatis, karena untuk pembaruan membutuhkan kuota data/internet. Jika kuota internetnya banyak tidak masalah, tapi jika pembaruan otomatis terjadi ketika kuota internetnya menipis kan bikin dongkol.

Belum lagi jika aplikasi dan game yang update otomatis itu berukuran besar, tentunya akan menjadikan kuota internet kita cepat habis. Pemborosan bukan? Padahal untuk beberapa developer ada yang rutin melakukan update aplikasi atau game-nya setiap berapa minggu sekali, seperti facebook messenger misalnya yang melakukan update setiap 2 minggu sekali.

Setelah update aplikasi ke versi terbaru, saya sendiri kadang menyesal jika menemui ketikdaksesuaian dengan versi terbaru dan merasa lebih nyaman dengan versi sebelumnya. Misalnya versi terbaru lebih lemot, terdapat fitur yang mengganggu yang tidak saya butuhkan, menjadi boros baterai, boros ram dan alasan lainnya.

Maka dari itu saya lebih menyukai untuk pembaruan aplikasi dan game secara manual. Saat ada versi terbaru, sebelum memperbarui saya baca dulu apa saja fitur baru dan perbaikan aplikasinya. Saya hanya memperbarui aplikasi yang saya rasa perlu.

Mungkin beberapa dari Anda ada yang sepemikiran dengan saya, berikut ini akan saya tuliskan 2 cara bagaimana agar aplikasi dan game android tidak update otomatis dari playstore:

Cara 1

Buka Play Store, kemudian masuk ke Setelan (Settings). Tekan Perbarui aplikasi secara otomatis (Auto-update apps). Pada popup yang muncul tandai Jangan perbarui aplikasi secara otomatis (Do not auto-update apps).

Agar Aplikasi dan Game Android Tidak Update Otomatis

Agar tidak ada pemberitahuan ketika tersedia pembaruan aplikasi, hilangkan tanda centang pada Pembaruan aplikasi tersedia (App updates available).

Cara 2

Cara ini dilakukan untuk mengatur update otomatis per aplikasi. Jadi kita bisa memilih aplikasi mana yang akan di-update otomayis dan mana yang akan di-update secara manual.

Caranya buka Play Store, cari aplikasi yang akan kita atur. Tekan 3 titik vertikal yang berada di sudut kanan atas, lalu beri tanda centang pada Perbarui otomatis jika ingin memperbarui secara otomatis, atau hilangkan tanda centang agar pembaruan aplikasi tidak secara otomatis.

Agar Aplikasi dan Game Android Tidak Update Otomatis

Lakukan salah satu dari 2 cara di atas agar aplikasi dan game tidak update otomatis, sehingga kita bisa memilih mana update yang kita perlukan dan yang belum kita perlukan. Dan yang lebih penting lagi kita bisa berhemat kuota internet daripada untuk update aplikasi yang fiturnya tidak penting.

Demikian postingan saya tentang bagaimana agar aplikasi dan game android tidak update otomatis. Jika ada unek-unek yang berkenaan dengan topik di atas jangan segan untuk menulisnya di kotak komentar untuk kita diskusikan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*