2 Aksesoris HP Pelindung Smartphone Androidku

Berawal dari pertanyaan dan keluhan para pengguna ponsel Asus ZenFone di grup facebook mengenai pelindung layar gorilla glass-nya yang (katanya) mudah retak, saya terinspirasi untuk menuliskan pengalaman saya selama 10 bulan bersama Asus ZenFone 5. Di sini saya akan berbagi tentang 2 aksesoris hp pelindung smartphone androidku, Asus ZenFone.

Sebelum memberitahukan aksesoris hp apa saja yang digunakan pada Asus ZenFone saya, ada baiknya saya sampaikan sebab retaknya pelindung layar yang sudah corning gorilla glass 3. Kebanyakan dari para pengeluh itu mengatakan layarnya retak setelah jatuh atau terbentur. Dan yang lebih mengherankan bagi saya adalah ada yang hanya terjatuh dari ketinggian 10 cm, hadeeeeeh….

2 Aksesoris HP Pelindung Smartphone Androidku
Postingan pemilik Ponsel yang retak setelah jatuh dari ketinggan 10cm

Melihat pernyataan mereka yang pernah mengalami layar retak pada Asus ZenFone-nya, ada baiknya kita melakukan pencegahan agar hal serupa tidak menimpa kita. Beruntung sejak membeli Agustus tahun lalu saya langsung melengkapi ZenFone saya dengan 2 aksesoris berikut:

1. Case atau Casing

Case yang pertama kali gunakan setelah membeli Asus ZenFone 5 adalah flip cover. Tujuan saya waktu itu adalah agar hemat karena dengan membeli 1 barang saya sudah bisa mengganti casing asli bagian belakang sekaligus melindungi layar dari goresan. Namun seiring berjalannya waktu saya merasa kurang nyaman karena harus buka-tutup dan memegangi penutup bagian depan saat saya membuka hp.

Akhirnya Sekitar 1 bulan sejak pembelian, saya melepas flip cover dan menggantinya dengan softcase. Berbeda dengan flip cover, softcase hanya melindungi bagian belakang ponsel tanpa perlu melepas casing aslinya. Softcase yang saya gunakan terbuat dari karet. Karena kesimpelannya casing jenis ini menjadi casing paling diminati untuk saat ini.

2. Anti Gores Tempered Glass

Layar Asus ZenFone kan sudah dilindungi dengan corning gorilla glass 3, ngapain mahal-mahal beli anti gores lagi? Eits, jangan salah, meskipun sudah gorilla glass bukan berarti layar ZenFone kita terbebas dari segala macam resiko. Jika bertemu dengan benda-benda seperti kunci, koin dan pasir halus layar masih bisa gores loh, apalagi kalau ketemunya di saku, gak kebayang deh jadinya seperti apa.

Kenapa saya menyarankan harus tempered glass, bukannya anti gores plastik cukup banyak dan lebih murah? Memang benar, tapi meskipun lebih mahal tempered glass lebih bagus dari anti gores plastik.
Dulu sambil menunggu tempered glass yang saya beli secara online datang, saya menggunakan anti gores plastik. Kesan yang saya dapatkan adalah layar kurang jernih, responsivitas layar sentuh berkurang dan yang jelas plastik mudah tergores.

Setelah pesanan sampai, saya melepas anti gores plastik dan segera memasang tempered glass pada Asus ZenFone 5 saya. Hasilnya sungguh mengesankan. Meskipun layar menjadi sedikit tebal karena ketebalan tempered glass sekitar 0,3mm tapi tidak ada perubahan seperti yang terjadi saat menggunakan anti gores plastik, layarpun tetap jernih dan responsif.

Fakta

Selama menggunakan 2 aksesoris hp di atas, ZenFone saya beberapa kali mengalami jatuh dari ketinggian lebih dari 1 meter. Pernah jatuh bagian layar berada di bawah, pernah juga jatuh bagian belakang yang menyentuh lantai duluan. Tapi sampai saat ini belum mengalami layar retak ataupun kerusakan komponen hp.

Opini

Mungkin karena ZenFone saya menggunakan softcase yang terbuat dari karet mampu menahan benturan dengan meredam benturan tersebut, ditambah lagi dengan pemasangan anti gores tempered glass yang mampu menahan benturan benda tumpul dan tajam sehingga tidak terjadi apa-apa pada saat ZenFone saya terjatuh.

Semoga apa yang saya sampaikan bisa menjadi pertimbangan bagi Anda para pengguna ZenFone ataupun ponsel layar sentuh lainnya untuk segera melengkapinya dengan aksesoris tambahan untuk mencegah sesuatu yang tidak kita inginkan. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Semoga bermanfaat….

6 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*